Skip to content

Pantai Selok Dadap, Surga Kecil di Blitar Selatan

Hari memang sudah mulai senja ketika kami bergegas menuju Pantai Selok Dadap. Rona laut yang kebiruan perlahan mulai menghitam, tapi hal itu tak menyurutkan hasrat kami untuk tetap menginjakkan kaki di sana.

Meski Saya (Galy) dan Tiko sudah merencanakannya, namun sesungguhnya perjalanan ini bukanlah agenda D’Travellers. Posisi kami saat itu hanyalah sebagai pemandu teman-teman Tim KKN PPM UGM yang sedang melakukan survei ke Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupatean Blitar. Salah satu program KKN mereka adalah perintisan pariwisata pantai, kebetulan survei tersebut sesuai dengan planning kami untuk menyusuri salah satu pantai di Desa Ngadipuro yang belum sempat kami kunjungi. Pantai yang kami maksud adalah Pantai Selok Dadap.

Perjalanan ini tidak langsung mengarah ke Pantai Selok Dadap, melainkan menuju Pantai Pudak terlebih dahulu untuk transit. Hal tersebut cukup beralasan karena jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di timur Ngadipuro, akses menuju Pudak lah yang paling memadai. Untuk selanjutnya barulah dapat ditentukan pantai-pantai mana saja yang akan dikunjungi. Pantai Dung Dowo pun menjadi tujuan berikutnya. Perjalanan singkat itu cukup melelahkan sehingga memaksa teman-teman KKN untuk beristirahat disebuah gubuk tak jauh dari Pantai Pudak.

Sembari menunggu teman-teman KKN beristrirahat, kami mulai bergegas menuju Selok Dadap. Pantai Selok Dadap berada tepat di sebelah barat dari pantai pudak. Untuk menuju pantai tersebut tidaklah sulit karena sudah tersedia jalan setapak. Jalan tersebut berada 3 meter di timur gubuk terdekat dari Pantai Pudak. Dengan menyusuri jalan tersebut, akhirnya kami pun menginjakkan kaki di Selok Dadap.

Pantai Selok Dadap memang tak begitu luas, tapi itu semua tak mengurangi keindahannya. Suasana di sini cukup lengang dengan deburan ombak yang tak begitu besar, mungkin akibat dari geografis pantainya yang membentuk teluk kecil. Pasir pantainya coklat muda sehingga tak menyilaukan mata. Memang tak berkilau, namun cukup mampu menenangkan hati di hari yang semakin senja.


Writer : Galy Hardyta

Participant : Galy, Tiko

17 Comments

  1. koordinat ?, tak tag e di peta digital GPS, supaya orang lain lebib mudah untuk mengunjunginya.

  2. waduh belum ada pak.. adanya kordinat pantai-pantai di sekitarnya..
    Pantai Pudak 8°19’31″S 112°12’10″E
    Pantai Dung Dowo 8°19’34″S 112°12’22″E
    Pantai Bakung 8°19’39″S 112°12’29″E
    Pantai Selok Kancil 8°19’40″S 112°12’34″E
    Pantai Benelan 8°19’39″S 112°12’41″E
    kalau Pantai Selok Dadap kira-kira 0,5 km di barat Pudak…

  3. Pantai selok Dapap apa di sini : S8.320571° E112.169805° ?
    (koordinat silahkan copas ke kotak search di Google Earth)

  4. Pristiko Gunawan Pristiko Gunawan

    fotone seng tengah kampret,,,

  5. sarono kahanan mas bro.. hehehe… 😀

  6. KawaiiHachi KawaiiHachi

    mirip Pantai Pangi,,apa bukankah ini Pantai Pangi yah??

  7. Salman Salman

    Bang ini kendaraan bisa masuk atau tidak . Perjalanan malam bisa gak bang soalnya kepengen bermalam dipantainya

  8. Kendaraanya apa mas? Sebelumnya sudah pernah bermalam di pantai belum? Kalau ke pantai ini kendaraan roda dua cuma bisa ditaruh di atas bukit, turunnya jalan kaki. Kalau mau bermalam dibukitnya aja. Antisipasi ombak pasang malam hari.

  9. Salman Salman

    Bang kalau dipudak naik motor matik dan bebek perjalanan malam bisa gak bang . Saya ingin bermalam disana

  10. Salman Salman

    Kendaraan matik dan bebek bang . Di bukit motornya ada yang jaga ta bang . Terus masa tidak bisa bang mendirikan tenda di pesisir pantai

  11. Gak ada mas, itu jauh banget dari pemukiman. Sampean coba dateng siang dulu aja, liat kondisi jalannya. Kalau menurut sampean bisa ya sampean coba. Kalau kami cuma menyarankan bagaimana baiknya. Bisa kok buat tenda di pantai, tapi buat jaga- jaga kalau misal malam hati ada ombak pasang! Kan aman kalau dibukitnya. Lebih baik waspada 😀 Pernah ke umbul waru? Kondisi jalnnya kurang lebih sama.

  12. Salman Salman

    Terimakasih atas infonya mas . Ini sangat membantu

  13. Sama sama. Semoga berhasil tripnya 😀 keep safety traveling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *