Skip to content

Pantai Peh Pulo, Raja Ampatnya Blitar

pantai peh pulo

Pantai Peh Pulo sejatinya hanyalah salah satu dari empat deret pantai yang ada di Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Sumbersih. Selain Pantai Peh Pulo di sini terdapat Pantai Wedi Ombo, Pantai Wedi Ciut, dan Pantai Maesan. Meski masing-masing pantai memiliki nama, namun keempatnya secara jamak lebih dikenal sebagai Pantai Peh Pulo. Kempatnya memiliki pemandangan pantai yang dramatis yakni gugusan kepulauan yang berjajar indah bak Raja Ampat. Maka inilah Raja Ampatnya Blitar.

Letak

Pantai Peh Pulo teretak di Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Sumbersih, Dusun Peh Pulo, Desa Sumbersih, Panggungrejo, Kab. Blitar.

Rute

Untuk menuju Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Sumbersih, travelers sekalian bisa melewati rute yang sama dengan rute untuk menuju Pantai Serang, namun saat tiba di Ibu Kota Kecamatan Panggunggrejo kalian bisa berganti arah menuju Sumbersih untuk melanjutkan perjalanan ke Kawasan Wisata Pantai Sumbersih. Secara garis besar rute menuju Kawasan Wisata Pantai Sumbersih adalah sebagai berikut:

Dari Blitar

Dari Blitar arahkan perjalanan kalian ke Kanigoro kemudian Sutojayan (Lodoyo). Perempatan lampu merah Lodoyo belok ke kiri/ ke timur menuju Kecamatan Panggungrejo. Ikuti arah ke Pantai Serang tapi tak perlu jauh-jauh sampai ke pantainya. Setelah Ibu Kota Kec. Panggungrejo, bergantilah arah menuju Sumbersih. Pertigaan pohon raksasa lurus saja untuk berganti rute menuju Sumbersih. Selanjutnya ikutilah rambu-rambu petunjuk arah yang akan kalian jumpai di sepanjang perjalanan. Jika masih bingung kalian dapat memeriksa posisinya di map melalui link ini.

Rute ini juga bisa dilalui jika travelers sekalian dari arah Jombang atau Kediri. Langsung saja arahkan perjalanan ke Kota Blitar kemudian Kanigoro lalu ikuti penjabaran di atas.

Dari Tulungagung/ Trenggalek

Dari arah Tulungagung/ Trenggalek kalian tak perlu melewati Kota Blitar ataupun Kanigoro. Selepas masuk Kab. Blitar, lanjutkan perjalanan ke Sutojayan (Lodoyo) via Kademangan. Untuk menuju Lodoyo, dari Kademangan ikuti rute menuju Pantai Tambakrejo kemudian bergantilah arah ke Kampung Coklat. Dari Kampung Coklat lurus saja melewati Hutan Lodoyo. Perempatan Pegadaian Lodoyo belok ke Kiri. Perempatan lampu merah Lodoyo belok ke kanan/ ke timur menuju Kecamatan Panggungrejo. Selanjutnya rute menuju pantai sama seperti penjabaran rute dari Blitar di atas.

Kondisi Jalan

Akses dari kota hingga tiba di Desa Sumbersih adalah berupa jalan beraspal. Mendekati pantai, sementara hanya tersedia jalan beton. Jalan beton tersebut cukup licin untuk dilalui saat musim penghujan. Jadi travelers sekalian perlu bijak memilih waktu yang tepat untuk menuju pantai ini.

Tiket

Tiket masuk Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Sumbersih sebesar Rp. 5.000,- per kendaraan roda dua. Tiket masuk ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola.

Fasilitas

Pantai Peh Pulo, Raja Ampatnya Blitar 2

Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Sumbersih telah ditunjang dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti kantin, kamar mandi, mushola dan tempat parkir. Fasilitas-fasilitas tersebut terkonsentrasi di Pantai Wedi Ombo. Jadi sebelum menjelajahi semua deretan pantai yang ada di Kawasan Wisata Pantai Sumbersih, kalian dapat mempersiapkan diri dan perbekalan di Pantai Wedi Ombo.

Deretan Pantai dan Spot Menarik

Pantai Wedi Ombo

Pantai Peh Pulo, Raja Ampatnya Blitar 3 Pantai Peh Pulo, Raja Ampatnya Blitar 4

Seperti yang telah disinggung di atas, berbagai fasilitas wisata di kawasan ini terkonsentrasi di Pantai Wedi Ombo. Kalian bisa menitipkan kendaraan dengan aman dan mempersiapkan perbekalan di kantin atau kedai yang tersedia. Selanjutnya kalian dapat langsung menuju pantai dan menikmati keindahanya dengan tenang.

Karena merupakan tujuan utama, terkadang Pantai Wedi Ombo inilah yang justru dikenal pengunjung sebagai Pantai Peh Pulo. Pantai Wedi Ombo memiliki hamparan pasir terluas jika dibandingkan dengan keempat pantai lainnya. Pasirnya berwarna putih dan bercampur dengan sejumlah pecahan karang atau biota laut. Panorama utama dari pantai ini adalah pemandangan gugusan pulau di seberang pantai.

Pantai Wedi Ciut

Pantai Wedi Ciut terletak tepat di timur Wedi Ombo. “Ciut” adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti sempit. Sesuai dengan namanya pantai ini memang sempit. Pantai ini cukup dekat dengan salah satu pulau yang ada di seberang.

Pantai Peh Pulo, Raja Ampatnya Blitar 5

Selain pantai ini, di Blitar ada lagi Pantai Wedi Ciut yang berada di lokasi lain, yakni Pantai Wedi Ciut Sumberpucung. Untuk memudahkan membedakannya, Wedi Ciut di Kawasan Wisata Pasir Putih Sumbersih ini kadang disebut Pantai Peh Pulo Wedi Ciut.

Pantai Peh Pulo Wedi Ciut dapat dijangkau dari Pantai Wedi Ombo dengan berjalan kaki menyusuri jalan tanah di (kiri) timur pantai. Jalan ini juga langsung terhubung dengan Pantai Peh Pulo dan Maesan.

Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo ini relatif lebih sepi karena agak jauh dari pusat kawasan wisata di Pantai Wedi Ombo. Jadi jika travelers sekalian menginginkan suasana pantai yang tenang bisa coba sambang ke mari. Cukup dengan melanjutkan berjalan kaki kurang lebih 200 meter dari Pantai Peh Pulo Wedi Ciut kalian akan tiba di sini.

Pantai Peh Pulo, Raja Ampatnya Blitar 6 Pantai Peh Pulo, Raja Ampatnya Blitar 7

Pantai Peh Pulo memiliki pemandangan serupa dengan Pantai Wedi Ombo. Yang membedakan hanyalah sudut pandang kita untuk melihat gugusan pulau. Dari Pantai Peh Pulo, gugusan pulau lebih dekat untuk diamati.

Pantai Maesan

Pantai Peh Pulo, Raja Ampatnya Blitar 8

Pantai Maesan ini berbeda dengan Pantai Maesan Padang di Teluk Serang. Pantai Maesan terletak tepat di timur Pantai Peh Pulo. Pantainya sempit dan dikelilingi karang-karang yang membentuk ceruk ceruk kecil. Untuk menuju pantai ini kalian bisa menembus semak semak di sebelah timur Pantai Peh Pulo.

Pantai Babagan Rowo Gebang

Pantai Babagan Rowo Gebang sangat dekat dengan Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Sumbersih. Bahkan memiliki rute yang sama. Hanya saja dari Wedi Ombo kalian harus ke (kanan) barat sejauh 400 m. Jarak tersebut adalah garis lurus, jadi belum merupakan jarak sesungguhnya di mana kalian harus mendaki bukit atau pun memutari bukit. Pantai Rowo Gebang ini memiliki pemandangan yang sama sekali berbeda dengan deretan Pantai Peh Paulo. Pantai Babagan Rowo Gebang telah DTrav ulas dalam artikel tersendiri, dan dapat dibaca di sini.

Spot mancing dengan view Peh Pulo

Yang disebut-sebut dengan Raja Ampatnya Blitar adalah pemandangan gugusan pulau di seberang Pantai Peh Pulo yang begitu menawan. View tersebut dapat kalian saksikan secara dramatis dari spot mancing di timur deretan pantai. Spot mancing tersebut terletak kurang lebih 250 m di timur Pantai Peh Pulo. Untuk menuju spot ini sebenarnya sudah ada jalur tanah yang bisa dilalui kendaraan, namun rutenya memutar. Jika gigih, kalian dapat menjangkaunya dengan berjalan kaki menembus ladang tebu sambil sedikit membuat jalan sendiri. Percayalah, meski sedikit membutuhkan perjuangan namun pemandangan yang akan kalian peroleh sangat menawan.

Pantai Peh Pulo, Raja Ampatnya Blitar 9


Writer: Galy Hardyta

Selftraveling

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan