Skip to content

Indahnya Gugusan Pantai Peh Pulo di Blitar

Peh Pulo merupakan gugusan pantai-pantai eksotis yang terhampar di pesisir selatan Blitar. Pantai pantai di Gugus Peh Pulo dikenal dengan view kepulauan karangnya yang sangat indah. Oleh karenanya tak sedikit pengunjung yang menjuluki Pantai Peh Pulo sebagai Raja Ampatnya Blitar. Tak sedikit pula yang ketagihan untuk kembali mengunjungi pantai ini, lagi dan lagi. 😀 Ya seperti saya ini, meskipun sudah kesekian kali berkunjung ke Pantai Peh Pulo, tidak ada sedikitpun rasa jenuh yang saya rasakan. Suasananya selalu membuat saya ingin kembali ke sana, walaupun perjalanan yang harus ditempuh cukup menantang.

pantai pehpulo blitarPantai Wedhen Ombo atau Pasir Putih

jalan ke pehpuloSecara administratif Gugusan Pantai Peh Pulo terletak di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Rute ke pantai ini cukup simple, kita hanya perlu mengikuti rute arah Pantai Serang, kemudian di pertigaan beringin Panggungrejo lurus saja, untuk berganti rute menuju Desa Sumbersih. Ikuti saja plang petunjuk arah ke Pantai Pasir Putih yang sudah tersedia. Meski rutenya cukup simple, tapi tidak demikian dengan medannya. Jalan yang berkelok-kelok naik-turun membuat kita harus ekstra hati-hati. Apa lagi infrastruktur jalan yang tersedia baru berupa jalan rabat beton. Kondisi tanahnya yang labil terkadang membuat jalan beton rusak. Pernah suatu ketika jalanan ke pantai ini rusak dan tertimbun lumpur, tetapi untungnya selalu ada perbaikan jalan.

Gugusan Pantai Peh Pulo terdiri dari Pantai Wedhen Ombo atau dikenal juga dengan nama Pasir Putih, kemudian Pantai Wedhen Ciut, dan yang paling timur Pantai Peh Pulo. Keberadaan pantai-pantai tersebut hanya dipisahkan oleh bukit-bukit kecil, sehingga dapat dijelajahi dengan cukup mudah. Wah…… satu kali kunjungan saja kita bisa menikmati tiga pantai sekaligus. Keren bukan.. 😀

pantai pehpuloDi antara pantai pantai di Gugus Peh Pulo, Pantai Wedhen Ombo/ Pasir Putih adalah pilihan favorit para pengunjung. Hal ini cukup beralasan, sebab Pantai Pasir Putih adalah pantai utama dan merupakan tempat transit bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi pantai-pantai yang lain di kawasan Peh Pulo. Sebagai pantai utama, Pasir Putih telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti: kamar mandi, kedai makanan, dan jasa parkir. Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 3000-, dan untuk kendaraan roda empat Rp. 5000-.

Pantai Pasir Putih memiliki pesona yang tak diragukan lagi. Kelembutan pasir pantai dan deburan ombaknya yang bening kebiruan memberikan perpaduan yang sungguh indah. Belum lagi pemandangan kepulauan yang berjajar di sepanjang mata memandang. Sungguh lukisan nyata yang menakjubkan. Oiya, selain ke indahan pantainya, Pasir Putih juga memiliki spot-spot yang bagus untuk memancing dan juga bukit batu (gunung pande) yang fotogenik.

Setelah puas dengan Pantai Pasir Putih sempatkan pula untuk menengok pantai-pantai lain di sekitarnya. Di timur Pantai Pasir Putih ada Pantai Wedhen Ciut. Pantai ini tak jauh dari Pantai Pasir Putih, hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit saja untuk mencapainya. Cukup dengan menyusuri jalan setapak yang telah tersedia di timur Pantai Pasir Putih, kita akan sampai di Wedhen Ciut. Seperti namanya, Wedhen Ciut (pasir yang sempit) memang tak sebegitu luas. Ombak di Pantai Wedhen ciut tak terlalu besar, karena tepat di muka pantai ada benteng alam berupa pulau karang.

pantai pehpulo wedhen ciutPantai Wedhen Ciut

Lebih bergeser ke timur lagi terdapat Pantai Peh Pulo. Untuk sampai ke sana kita hanya perlu menyusuri jalan setapak yang telah tersedia (kelanjutan jalan setapak dari Wedehn Ciut). Pantai Peh Pulo menyajikan pemandangan yang tak kalah eksotis. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup luas dengan pasir berwarna putih kecoklatan. Letak pantai ini berhadapan langsung dengan jajaran Pulau Peh dan pulau-pulau kecil lainnya, sehingga pantai ini disebut dengan nama Pantai Peh Pulo.

pantai peh puloPantai Pehpulo

Gugusan Pantai Peh Pulo itu seperti kotak hadiah yang penuh kejutan. Di satu sisi wajahnya penuh keelokan, di sisi lain ia juga penuh tantangan. Justru ini lah yang akan terus menjadi kenangan, dan memberi alasan bagi para travellers untuk selalu kembali menyambanginya.


Writer : Enny D.L.

Participant : Enny, Jessi, Erli, dan kawan.

2 Comments

  1. wisnu wisnu

    Aksesnya sudah bagus kah sekarang mas ke pehpulo ??

  2. btyo btyo

    sudah bagus kok mas wisnu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *