Skip to content

Pantai Pangi, Wisata Pantai Favorit di Blitar

Kendati sudah banyak ditemukan pantai-pantai baru, tapi pesona Pantai Pangi masih menjadi favorit dalam dunia wisata pantai di Blitar. Pantai yang secara administratif terletak di Desa Tumpakkepuh, Bakung, Kab. Blitar ini tetap konsisten menyedot minat para travelers untuk mengunjunginya. Pengelolaan yang selaras dengan keindahan alam merupakan kunci sukses Pangi sehingga mampu bertahan dan semakin ramai dikunjungi.

Akses jalan yang relatif mudah, penunjuk jalan yang jelas, tempat parkir yang sudah dikelola, serta keberadaan kios-kios makanan, tentunya memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Cerdasnya, di Pangi infrastruktur-infrastruktur tersebut ditata selaras dengan kealamian pantai. Adapun bangunan permanen seperti gazebo di pinggir pantai telah dikamuflasekan oleh rindangnya pepohonan cemara udang, jadi keberadaan bangunan tersebut hampir tak mengurangi keasrian Pantai Pangi.

Keindahan Pantai Pangi tak perlu diragukan lagi. Pasirnya yang berwarna putih bertekstur lembut tampak serasi dengan jernihnya air laut. Perairannya cukup tenang karena berada pada sebuah teluk kecil. Sungguh menyenangkan menghabiskan waktu menikmati keindahan alam Pantai Pangi.

Bercengkrama menikmati keindahan pantai

Suasana pantai yang tenang

Sign board Pantai Pangi

Selain menghibur diri dengan keindahan pantai, para travelers sekalian juga dapat menikmati keindahan kedung di sisi timur pantai. Suasananya asri karena dikelilingi vegetasi yang rapat. Kalian dapat memanfaatkan perahu yang disediakan pengelola untuk menikmati keindahan kedung. Cukup dengan merogoh kocek Rp. 5.000,- saja.

Asrinya kedung di timur pantai

Sejak pertama diviralkan pada tahun 2008 hingga sekarang, daya tarik Pangi tidak pernah pudar, bahkan justru semakin ramai. Bagi kalian yang penasaran dengan Pangi, berikut DTrav uraikan rutenya. Ada dua rute untuk menjangkau Pangi, Rute I via Bakung: Blitar – Kademangan – ikuti rute menuju Pantai Tambakrejo – Perempatan Gawang belok ke kanan ke arah Monumen Trisula – lanjutkan perjalanan ke arah Gua Umbuluk – menjumpai Gapura Gua Umbultuk lurus saja hingga perempatan Kantor Desa Tumpakkepuh – dari perempatan tersebut belok kanan dan ikuti jalan hingga tiba di Pangi. Dengan melalui rute Bakung ini kalian akan melewati sejumlah obyek wisata lain seperti Jurug Gua Luweng dan Air Terjun Tirto Galuh. Rute II via Wonotirto: Blitar – Kademangan – ikuti rute menuju Pantai Tambakrejo – Perempatan Gawang lurus saja – selepas Desa Pasiraman ikuti Jalan menuju Gua Umbultuk – Selanjutnya berganti arah mengikuti rute menuju Pantai Pangi dengan mengikuti tanda-tanda di jalan. Dengan melalui rute ini pengunjung tidak akan melewati Monumen Trisula. Tiket masuk Pantai Pangi dibandrol dengan harga Rp. 8.000,- (*harga dapat berubah sesuai kebijakan management).

Bagaimana? Penasaran dengan Pangi? Buktikan sendiri daya tariknya!!


Writer: Galy Hardyta

Participant: Galy, Tiko

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *