Skip to content

Ngalur dan Sanggar, Pantai Kembar Nan Jelita

pantai ngalurSemenjak nama Pantai Ngalur dan Sanggar mulai dikenal publik, keduanya langsung menjadi magnet kuat di Tulungagung selatan. Kedua pantai tersebut tak henti-hentinya menyedot perhatian wisatawan. Semuanya dibuat penasaran oleh panoramanya yang konon masih alami.

Pantai Ngalur dan Sanggar terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung. Lokasi pantai tersebut berjarak 24,6 km dari pusat Tulungagung dan berjarak 34,7 km dari Blitar. Demi membuktikan kebenaran keindahan pantai-pantai itu, kami rela melakukan perjalanan Blitar-Jengglungharjo yang jauhya bukan kepalang. Tujuan kami hanya satu. Yakni membuktikan keindahan kedua pantai tersebut dengan mata kepala sendiri.

Perjalanan ke Pantai Ngalur dan Sanggar ini kami mulai dari Kademangan dan langsung mengarah ke Kalidawir. Sampai di pertigaan Koramil Kalidawir kami berbelok ke selatan ke arah Kedungdowo. Selepas Kedungdowo, jalanan mulai menanjak karena memasuki area pengunungan selatan. Kami terus menyusuri jalanan gunung yang berkelok-kelok hingga menjumpai SMPN Tanggunggunung. Tidak jauh dari SMP tersebut, dapat dijumpai sebuah pertigaan. Dari pertigaan tersebut kami berbelok ke selatan untuk menuju Jengglungharjo. Meski rutenya simpel, kami tetap menyempatkan diri untuk bertanya pada warga setempat agar tidak tersesat. Alhamdulillah setelah melalui jalan yang benar, akhirnya kami sampai di pemukiman terakhir sebelum pantai. Di sini papan-papan petunjuk menuju pantai sudah dapat dilihat dengan jelas. Selanjutnya perjalanan tinggal mengikuti petunjuk jalan saja.

road to sanggarKondisi jalan menuju pantai sudah lumayan. Adanya pengelolaan secara sederhana, membuat jalanan menuju pantai menjadi mudah untuk dilalui. Jalannya memang masih berupa jalan tanah, tapi sudah bisa untuk lalu lalang kendaraan roda dua. Di setiap tanjakan juga telah dicor beton, sehingga memudahkan kendaraan dalam menanjak. Meskipun demikian, suasana adventure tetap dapat kami rasakan, karena  jalanan tersebut berkelok-kelok melintasi bukit-bukit yang masih alami.

Setelah melalui jalan yang berkelok-kelok, akhirnya kami sampai juga di pantai. Pantai pertama yang menjadi tempat transit kendaraan adalah Pantai Sanggar. Oke, pembuktian ini kami awali dari sini.

Pantai Sanggar

Pantai Sanggar adalah gerbang awal tujuan perjalanan ini. Di pantai ini kami dapat memarkir kendaraan, karena sudah disediakan tempat parkir sederhana. Setelah memarkir kendaraan kami langsung menikmati keindahan Pantai Sanggar.

pantai sanggar tulungagung

sanggar

tebing jengger pantai sanggarTebing Jengger, ujung barat Pantai Sanggar

Pantai Sanggar benar-benar eksotis. Pasirnya putih dan lembut. Vegetasi di sekitarnya juga masih rapat, sehingga menambah kesan alami di pantai ini. Pemandangan utama yang dapat disaksikan adalah hamparan Tebing Jalu yang unik. Selain itu, tampak pula Pantai Ngalur yang berada tepat di timur pantai Sanggar.pantai sanggar

Setelah puas menikmati kejelitaan Pantai Sanggar, Pantai Ngalur pun menjadi destinasi selanjutnya.

Pantai Ngalur

Pantai Ngalur dapat dituju dengan menyeberangi bukit kecil di timur Pantai Sanggar. Kembaran Pantai Sanggar ini memiliki pemandangan yang lebih eksotis. Mungkin karena pantai ini masih relatif belum terjamah ketimbang Pantai Sanggar.

pantai ngalur tulungagung

ngalurNilai plus dari Pantai Ngalur adalah garis pantainya yang lebih panjang dari pada Sanggar. Vegetasinya juga lebih rapat. Namun pada dasarnya pemandangan di sini mirip dengan Pantai Sanggar, yakni pemandangan Tebing Jalu.

travellers in sanggarOver all baik Ngalur maupun Sanggar keduanya memang eksotis :D. Kami sudah membuktikan. Kamu??


Writer : Galy Hardyta

Revisi terakhir : November 2013

Participant: Galy, Tiko, Fuad

2 Comments

  1. pantainya bersih dan indah … nggak sangka di tulungagung ada pantai seindah ini.
    tapi akses kesana masih tidak mudah … ancer2nya berapa kilo dari pemberhentian mobil terakhir ?

  2. 2 – 3 km om. Kalau kemarau, bisa bawa sepeda motor ke pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *