Skip to content

Pantai Kresek Blitar, Keindahan Di Balik Namanya yang Kelam

Pernah dengar Pantai Kresek? Ya benar, pantai ini secara administratif terletak di Desa Sidorejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Pantai ini berjarak sekitar 2,5 km di timur Tambakrejo. Rute menuju Pantai Kresek adalah sebagai berikut: dari Blitar ikuti rute menuju Pantai Tambakrejo – sesampainya di Desa Tambakrejo ikuti rute menuju Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit – lurus saja hingga sampai di Desa Sidorejo – selepas Tugu Desa Sidorejo terdapat pertigaan di samping jembatan – belok saja ke kanan dan ikuti jalan yang ada. Karena kondisi jalannya masih berat DTrav sarankan agar kalian mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraan sebelum menyambangi pantai ini. Di sepanjang jalan nantinya juga ada banyak percabangan, jadi jangan ragu untuk bertanya pada warga yang kalian temui di jalan.

Pantai Kresek terletak satu teluk dengan Pantai Banteng Mati. Antara ke tiga pantai ini dihubungkan oleh jalan setapak yang melintasi bukit-bukit kecil. Jadi, dari Pantai Kresek kalian bisa menuju Banteng Mati. Pun demikian sebaliknya, dari Banteng Mati kalian bisa menjangkau Pantai Kresek.

Pantai Kresek memang tak seluas Banteng Mati, tapi panorama yang ia miliki tak kalah menakjubkan. Pantai ini tidak menghadap keselatan seperti umumnya pantai di blitar.Pantai ini justru menghadap ke arah timur. Dari pantai ini kita dapat menyaksikan keindahan dua pulau karang yang berada di ujung teluk. Sementara jika kita menoleh ke kiri kita bisa menyaksikan hamparan Pantai Banteng Mati.

Di balik keindahannya ternyata Pantai Kresek menyimpan sejarah yang kelam. Menurut keterangan warga sekitar, dulu di pantai ini pernah ditemukan jenazah manusia. Jenazah tersebut telah kering dan lazim disebut kresek. Oleh karena itu pantai ini dinamai Pantai Kresek.

Tenang kalian tak perlu takut dengan cerita di atas. Cukup jadikan cerita tersebut untuk menambah kewaspadaan sobat travelers semuanya. Di manapun kalian menjelajah, baik di tempat yang dekat ataupun di tempat yang jauh dari pemukiman seperti ini, kewaspadaan memang harus diperhatikan. So, nikmatilah keindahan alam sekitar dengan cerdas. Let’s be smart travelers.. 😀


Writer: Galy Hardyta

Participant: Galy, Kcing, Nyop

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *