Skip to content

Pantai Jolosutro, Eksotika dari Blitar Timur

Pantai Jolosutro terletak di Dusun Ringinsari, Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Pantai ini merupakan satu dari tiga pantai utama di Kabupaten Blitar. Meski terletak di bagian timur Kabupaten Blitar, pantai ini tetap mudah dijangkau dari beberapa arah.

Untuk menuju Pantai Jolosutro bisa melalui jalur Blitar – Malang atau jalur Pantai Serang (Jika anda dari Lodoyo). Untuk jalur Blitar – Malang bisa melalui pertigaan Brongkos ke selatan. Rute ini mudah dilalui, karena ada papan penunjuk arah hingga pantai. Untuk jalur barat via Lodoyo bisa berpatokan dari traffic light Lodoyo ke timur. Pertigaan Margomulyo (Pantai Serang ke kanan) ini ambil lurus saja, arah Binangun. Di perempatan Pasar Binangun kalian akan menemukan papan penunjuk arah ke Pantai Jolosutro dengan jelas.

Sebagai salah satu dari tiga pantai utama di Kabupaten Blitar, Pantai Jolosutro telah didukung dengan sejumlah fasilitas wisata, mulai dari akses jalan yang memadahi hingga fasilitas umum yang lengkap. Beberapa fasilitas yang tersedia di sini antara lain: area parkir yang luas, toilet, tempat duduk semi permanen di bawah pohon cemara udang, tempat sampah yang tersebar di area pantai, warung sea food tradisional, dan Masjid. Cukup dengan membeli tiket seharga Rp.3000/orang dan retribusi motor Rp.1000/motor, kalian sudah dapat menikmati eksotika dari pantai ini guys.

Pantai Jolosutro memiliki ombak yang tergolong besar, maklumlah Segoro Kidul (Pantai Selatan) hehe. Jadi, jangan mandi di laut.

Alam di area Jolosutro ini memang beda dari dua pantai utama di Blitar. Bukitnya yang lebih tinggi memberi nuansa yang lebih indah. Di sepanjang jalan menuju pantai kalian akan disuguhi eksotisnya Teluk Jolosutro dari ketinggian, lengkap dengan pemandangannya yang permai. Pulau Jengger di ujung teluk, terasiring garapan warga, hingga rintisan Jalur Pansela juga dapat kalian saksikan dari sini. Istimewa bukan?

Oiya ada pula satu even yang setiap tahun rutin dilaksanakan di pantai ini, yaitu upacara Melasti yang dihadiri ribuan umat Hindu dari berbagai penjuru Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan sehari setelah Hari Raya Nyepi. Kalian akan merasakan kerukunan umat beragama disini.

Pantai Jolosutro dengan segala eksotikanya akan memanjakan kalian guys. Buktikan dan nikmati pesona pantai pasir hitamnya.


Writer: Zidny

Participant: Galy, Zid, Nika

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *