Skip to content

Pantai Jebring, Pesona Pantai Terluas di Ngadipuro Blitar

Desa Ngadipuro memang dikenal sebagai surganya pantai di Blitar. Bayangkan saja di desa ini terhampar kurang lebih sebelas pantai. Masing masing pantai tersebut memiliki keunikan tersendiri. Dari ujung barat ada Jebring, kemudian Princen, Wedhi Ireng, Ngloncor, Keben, Selok Dadap, Pudak, Dung Dowo, Bakung, Selok Kancil, dan yang paling timur Benelan. Di antara pantai pantai tersebut Jebring adalah pantai terluas. Seperti apa pesona dari Pantai Jebring? Berikut ulasannya.

pantai jebring ngadipuro blitar

Desa Ngadipuro masuk dalam wilayah Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

Pantai Jebring merupakan pantai berpasir hitam. Warna hitam tersebut berasal dari kandungan bijih besi yang terkandung dalam pasirnya. Bijih besi dari Jebring ini sempat ditambang pada tahun 2010an sampai tahun 2014an. Dari penambangan tersebut terbukalah akses untuk menuju Pantai Jebring.

pantai jebring watu payungWarna pasir yang gelap berpadu dengan birunya laut. Sungguh pemandangan yang kontras namun memukau.

Pantai Jebring adalah pantai terluas di antara pantai-pantai lain di Ngadipuro. Pada sisi barat pantai ini terdapat muara sungai yang cukup lebar. Muara tersebut memisahkan pantai dengan tebing di sisi barat. Sementara itu, di sisi timur terdapat tebing yang cukup tinggi. Saking tingginya, tebing tersebut mampu menaungi area di bawahnya dari teriknya sinar mentari pagi. Area di sekitar tebing tersebut memang menarik, selain teduh, di sini juga terdapat batu payung yang menarik untuk berswafoto. Batu payung adalah batu karang yang bentuknya menyerupai payung akibat tergerus ombak.

pantai jebring tebing

Bagaimana? Menarik bukan?

Bagi traveler sekalian yang ingin sambang ke Jebring berikut rute nya: Blitar – Sutojayan – Ngeni – Ngadipuro – Dusun Banyuurip. Dari perempatan tugu SH Terate Dusun Banyuurip ambil arah kanan. Ikuti jalanan yang tersedia hingga tiba di Pantai Jebring. Lebih jelasnya rute Jerbing tersedia di sini.

pantai jebring ngadipuro

pantai jebring blitar

Kondisi jalan menuju Desa Ngadipuro lumayan menantang. Jalannya menanjak dan berkelok-kelok khas pegunungan selatan. Selepas dari Sutojayan jalanan mulai menanjak. Selanjutnya di sepanjang jalan akan ditemui banyak lubang. Perjalanan akan semakin menantang selepas dari Dusun Banyuurip. Kondisi jalannya masih berupa jalan makadam hingga ke pantai. So, persiapkan fisik dan kendaraan kalian untuk menikmati indahnya Pantai Jebring. Jangan lupa bawa perbekalan secukupnya karena Jebring cukup jauh dari pemukiman. Keep safety traveling 😀

travellers di pantai jebring


Writer: Galy Hardyta

Participant: Anggun, Galy

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *