Skip to content

Pantai Dung Dowo, Pesona Gerbang Laut Blitar Selatan

pantai dung dowoDua pulau karang yang berjajar di tengah samudra menyajikan pemandangan menakjubkan. Keduanya seakan bertaut membentuk gerbang raksasa di pesisir selatan Ngadipuro Blitar. Inilah panorama yang tersaji di Pantai Dung Dowo, salah satu pantai dari sekian banyak pantai di Desa Ngadipuro. Jebring , Princen, Wedhi Ireng, Ngloncor, Keben, Selok Dadap, Pudak, Dung Dowo, Bakung, Selok Kanci, Benelan, itulah pantai-pantai yang terhampar di Ngadipuro. Masing-masing pantai memiliki karakteristik tersendiri, termasuk Pantai Dung Dowo ini.

Karakteristik Pantai Dung Dowo yang paling mencolok ya gerbang lautnya. Gerbang imajiner yang terbentuk dari ilusi dua pulau karang itu tampak begitu kokoh meski berkali-kali diterjang ombak. Saat gelombang laut sedang tak bersahabat, dari Dung Dowo ini akan tersaji atraksi ombak yang mengerikan. Ombak dengan kuat menghantam kedua pulau, hantamanya terlihat memutar menggerus seluruh sisi pulau, namun keduanya tetap tak bergeming. Saat laut kembali tenang, kedua pulau itu menampakkan wibawanya, seakan berhasil memenangkan perang dahsyat melawan gempuran ombak.

dung dowo blitarSelain keberadaan gerbang lautnya yang fenomenal, Dung Dowo juga memiliki karakteristik lain yang tak kalah menarik. Dung Dowo sebenarnya terdiri dari dua pantai yang berhimpitan dalam satu teluk. Pantai pertama terletak disisi barat, ia menghadap ke tenggara. Kondisi pantainya lebih berkarang dan berbatu, namun dari sisi ini lah gerbang laut Dung Dowo bisa terlihat dengan jelas. Pantai kedua terletak disisi timur, menghadap ke selatan. Pasirnya lebih lembut, sehingga lebih nyaman untuk dijelajahi, Dari sisi timur, pemandangan gerbang laut sedikit terhalang. Antara pantai Dung Dowo timur dan barat dipisahkan hamparan karang yang cukup terjal untuk dilalui. Untuk amannya, jika ingin menuju sisi timur lebih baik memutar mencari jalur yang lebih aman. Memang belum tersedia akses yang nyaman untuk menuju Pantai Dung Dowo, karena pantai ini masih alami dan belum di kelola.

pantai dung dowo blitarPantai Dung Dowo secara keletakan berada di timur Pantai Pudak, sehingga untuk mengaksesnya bisa langsung berjalan kaki dari Pudak. Track setapak yang harus dilalui adalah semak-semak di sisi timur Pudak yang nantinya tembus hingga ke sisi barat Dung Dowo. Jika ingin langsung ke Dung Dowo tanpa melalui Pudak juga bisa. Ada percabangannya kok, tapi sebaiknya minta arahan penduduk setempat biar gak bingung. Adapun secara umum rute menuju Pantai Dung Dowo dari Blitar adalah sebagai berikut: Blitar – Sutojayan – perempatan Terminal Lodoyo lurus ke selatan ke arah Ngeni – tugu trisula Ngeni lurus saja – bertemu pertigaan yang ada pohonnya belok kanan – ikuti arah menuju Dusun Banyuurip – Tugu SH Terate Banyuurip lurus mengikuti jalan menuju Pantai Pudak – kendaraan bermotor transit di Pudak kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki/ kendaraan dikendarai sampai Dung Dowo dengan mencari percabangan ke arah Dung Dowo. Kondisi jalan menuju pantai masih sulit. Dari pemukiman terakhir hingga pantai, baru tersedia jalan rabat beton dan macadam. Oleh karenanya diperlukan kendaraan yang fit agar bisa sampai di dengan lancar.

Ayo datang dan rasakan sendiri sensasi Pantai Dung Dowo, di Desa Ngadipuro, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Meski medannya sedikit berat tapi gak bakal rugi kok. Perjuangan selama perjalanan akan terbayar tuntas dengan keindahan pantai-pantainya. Ngadipuro, never ending adventure. 😀

travellers di pantai dung dowo


Writer: Galy Hardyta

Participant: Galy, Tiko

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *