Skip to content

Pantai Banteng Mati, Eksotika dari Blitar Selatan

travellers di pantai banteng mati

Pantai Banteng Mati terletak tak jauh dari Pantai Tambakrejo Blitar. Dari pertigaan Masjid Tambakrejo belok ke kiri mengikuti arah ke Pantai Pasir Putih (Pasetran Gondo Mayit). Selanjutnya dari Pantai Pasir Putih terus saja hingga memasuki Desa Sidorejo. Ya, Pantai Banteng Mati secara administratif masuk dalam wilayah Desa Sidorejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

Akses menuju Pantai Banteng Mati masih tergolong sulit. Sejauh ini baru tersedia jalan tanah dengan kondisi yang bergelombang. Akses jalan ini bisa kita jumpai tak jauh dari tugu masuk Desa Sidorejo, berupa pertigaan di samping jembatan. Dari pertigaan tersebut belok kanan saja mengikuti rute yang tersedia. Mengingat banyaknya percabangan pada rute menuju pantai, sangat disarankan untuk meminta arahan pada penduduk setempat agar tidak tersesat.

Pantai Banteng Mati masih benar-benar alami, belum ada toilet, kamar ganti, atau infrastruktur apa pun. Bahkan untuk kedai makanan saja juga belum tersedia. Oleh karenanya sangat disarankan bagi kalian untuk mempersiapkan diri, baik fisik maupun kendaraan. Jangan lupa pula untuk membawa perbekalan bila dirasa perlu.

pantai banteng mati

Pantai Banteng Mati bukanlah pantai tunggal. Banteng mati terdiri dari dua buah pantai yang dipisahkan oleh sebuah bukit. Keduanya terletak pada satu teluk. Sebenarnya ada tiga pantai dalam teluk ini, yakni Banteng Mati timur, Banteng Mati barat, dan Pantai Kresek. Ketiga pantai ini secara eksotis dapat dilihat bersamaan dari ujung timur Banteng Mati.

Kedua Pantai Banteng Mati memiliki ciri khasnya masing-masing. Banteng Mati timur memiliki bentuk yang melengkung dengan seluruh permukaan pantainya tertutup pasir. Banteng Mati barat sedikit berbeda. Pantai ini memiliki hamparan pantai yang panjang, namun tak seluruh permukaanya berpasir. Hampir separuh dari permukaan Pantai Banteng Mati barat tertutup oleh batu karang. Uniknya karang-karang tersebut ditumbuhi lumut hijau, sehingga tampak seperti zamrud saat dilihat dari kejauhan.

banteng matiEksotika Banteng Mati timur

pantai bantengTampak pulau karang di ujung teluk Banteng Mati

banteng mati blitar Banteng Mati Barat tak kalah menariknya

pantai banteng mati blitarEksotika Pantai Banteng Mati tak perlu diragukan lagi. Ayo ramaikan! Beri tahu pada dunia bahwa di Blitar ada Banteng Mati yang begitu eksotis. Tapi jangan lupa jaga kebersihan ya guys, agar pantai ini tetap lestari. 😀


Writer : Galy Hardyta

Participant: Bagus, Galy, Tiko, Kunti, Pita, Ratih

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *