Skip to content

Ayo Sambang ke Pantai Babagan Rowo Gebang Blitar

Ada banyak alasan untuk menyambangi salah satu potongan surga di Blitar Selatan ini. Pantai Babagan Rowo Gebang atau biasanya disebut juga Pantai Rowo Gebang, merupakan pantai dengan panorama alam yang indah. Hamparan pulau tunggal di depan pantai semakin menambah keindahnnya. Pantainya juga lumayan bersih dan asri. Masih sepi sehingga serasa pantai pribadi.

pantai babagan rowo gebang blitar

Selain keindahannya, alasan lain untuk sambang ke Rowo Gebang adalah karena letaknya yang berada tak jauh dari Pantai Peh Pulo. Artinya sebenarnya pantai ini tak terlalu jauh dari keramaian. Sehingga meskipun di pantainya masih tergolong sepi, namun dalam perjalanan menuju pantai, para traveler sekalian tak akan kesepian.

Rute menuju Pantai Rowo Gebang adalah sebagai berikut: Blitar – Sutojayan (Lodoyo) – ikuti arah ke Pantai Serang – setelah Pasar Panggungrejo kalian akan bertemu percabangan jalan dengan pohon raksasa di sampingnya – ambil percabangan ke kiri (searah Pantai Pasir Putih Sumbersih atau Peh Pulo) – ikuti rute yang sama dengan Rute Pantai Peh Pulo – tepat sebelum tiba di Pantai Peh Pulo terdapat percabangan jalan ke kanan – ambil kanan sampai menjumpai cekungan Rowo Gebang – Pantai Babagan Rowo Gebang berada di ujung cekungan.

pantai rowo gebang blitar

Cekungan Rowo Gebang saat musim penghujan akan tampak jelas karena terisi dengan air. Saat musim kemaru cekungan ini mengering dan ditanami berbagai tanaman pangan. Bila terjadi kemaru panjang cekungan ini dapat dilalui kendaraan roda dua. Jika tidak dapat dilalui atau kalian merasa kesulitan, titipkan kendaraan pada gubung-gubung yang ada dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Alternatif lain, para traveler sekalian dapat memarkir kendaraan di Pantai Peh Pulo kemudian mendaki bukit di barat pantai.

Kondisi jalan menuju pantai masih lumayan berat, dari pemukiman terakhir hingga Pantai Peh Pulo baru tersedia jalan rabat beton. Sedangkan dari Peh Pulo menuju Rowo Gebang hanya terdapat jalan tanah. DTrav sarankan agar kalian mempersiapkan fisik dan kendaran dengan matang. Medan yang dilalui memang menantang, namun kalian tidak akan merasa rugi setelah tiba di Pantai Babagan Rowo Gebang.

pantai rowo gebang travellers

Ayo sambang langsung ke Rowo Gebang !! Selamat berpetualang 😀


Writer: Pristiko Gunawan

Participat: Galy, Tiko

2 Comments

  1. Kenthing Kenthing

    Jalanya makadam atau tanah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *