Skip to content

Ngadipuro, Ekspedisi 4 Pantai

Meski sudah masuk dipenghujung liburan semester, semangat kami untuk terus melakukan ekspedisi tak pernah luntur. Sejalan dengan obsesi kami yang ingin menjelajahi pantai-pantai yang berada di Blitar, kami pun melakukan ekspedisi ke Desa Ngadipuro. Desa yang terletak di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar ini memang dikenal memiliki beberapa pantai yang indah.

Pantai-pantai yang menjadi target kami kali ini adalah pantai-pantai yang berada di antara Pantai Pudak dan Pantai Serit (Kawasan Wisata Pantai Serang). Seperti ekspedisi kami ke Pantai Banteng Mati yang lalu, kami belum mengetahui nama pantai-pantai yang akan kami kunjungi kali ini. Untung saja kami berjumpa dengan penduduk sekitar dan sempat berbincang-bincang. Berdasarkan keterangan mereka akhirnya kami mengetahui nama pantai-pantai tersebut, yakni Pantai Dung Dowo, Pantai Bakung, Pantai Selok Kancil, dan Pantai Benelan.

Perjuangan menyusuri pantai-pantai ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Mau tidak mau kami harus menyeberangi bukit-bukit yang memisahkan masing-masing pantai tersebut. Kami memang tak perlu membuka jalan, sebab sudah tersedia jalan setapak menuju ke masing-masing  pantai, namun kenampakanya cukup terjal dan ditumbuhi semak-semak yang rapat. Dengan penuh perjuangan akhirnya kami mampu mengunjungi seluruh pantai yang menjadi tujuan kami ini. To the point saja, seperti inilah rupa pantai-pantai tersebut:

Pantai Dung Dowo

pantai dung dowo (1)

Pantai Dung Dowo memiliki dua pantai yang dipisahkan oleh tebing. Kedua pantainya dihubungkan oleh batuan karang yang tersusun alami. Untuk melaluinya harus ekstra hati-hati, sebab kondisinya licin dan kadang-kadang dihantam ombak.

Secara umum pemandangan di pantai ini cukup indah. Pasirnya putih dan pantainya bersih. Di hadapan kami juga disuguhi oleh formasi pulau karang yang indah.

Pantai Bakung

Pantai Bakung adalah pantai terpanjang dari keempat pantai yang kami kunjungi kali ini. Sepintas kondisi pantainya mirip dengan Pantai Peh Pulo, daratan pantainya tidak hanya didominasi oleh pasir tetapi juga batuan karang alami. Dari pantai ini kami dapat menikmati formasi pulau karang yang nampak dari Pantai Dung Dowo dengan jelas. Sayang sekali pantai ini sedikit kotor.

Pantai Selok Kancil

Secara umum Pantai Selok Kancil memiliki luas yang tidak terlalu luas. Dari sini kami dapat melihat aktivitas kapal-kapal nelayan yang berlayar dari Pantai Serang.

Karena rute yang terjal dan cuaca yang semakin panas, Nyop dan Binti terpaksa tidak dapat melanjutkan perjalanan ke pantai selanjutnya. Selagi saya dan Cing melanjutkan perjalanan, mereka tetap tinggal di pantai ini sembari beristirahat.

Pantai Benelan

Sepintas Pantai Benelan memiliki kenampakan yang mirip dengan Pantai Selok Kancil. Yang membedakan adalah keberadaan sejumlah batuan karang dengan bentuk yang unik.

Keterangan lebih lanjut mengenai rute menuju pantai-pantai di atas dapat dilihat pada halaman ”Rute dan Informasi.”


Writer : Galy Hardyta

Revisi terakhir : Februari 2011

Sumber : Warga Desa Ngadipuro

Participant: Galy, Kcing, Nyop, Binti

13 Comments

  1. Salam Lestari & Salam Kenal utk Dtravelers semuanya..
    Perkenalkan sy zain asal Tulungagung. sy jg seorang backpacker, pendaki gunung dan tukang uwer2 seperti tmn2..
    Sy salut kpd kalian, anak2 muda yg berjiwa petualang yg juga peduli dgn alam dan lingkungannya..karena skrg jarang ank2 muda yg berjiwa seperti kalian…
    terus lanjutkan perjuangan tmn2 utk menguak panorama2 alam nusantara yg indah… 🙂

  2. Salam kenal juga Mas Zain… 😀
    Trimakasih sudah mampir di blog kami…
    Wah kalo dibandingin dengan pengalaman Mas Zain tentu kami masih belum ada apa-apanya… ya semoga mas zain berkenan berbagi ilmu sama adik-adiknya yang amatiran ini, sehingga kita dapat saling mengisi dan bersama-sama menguak panorama-panorama alam nusantara tercinta…

  3. erix nugroho (irex) erix nugroho (irex)

    pehhhhh……apik2 kabeh….

  4. nia nia

    wah gak sangka d blitar ada pantai dgn air yg biru spt itu pdhl saya besar di blitar . slama ini jstru menjelajahi pantai2 d malang. karena saya cm tahu pantai spt tambak, serang, jolosutro yg pemandanganya biasa2 saja, mksh ya ats infonya. salut deh..kpn2 klo jaln2 lg bt pengumuman..pingin ikt

  5. sama-sama..
    🙂
    oke, insyaAllah akan kami publikasikan..

  6. Riza Riza

    pengeeeeeeeennn kesitu…………gak travelling muter2 blitar lagikah?
    pengen ikuuutt……..boleh gak ya tman2 travellers??

  7. boleh kog.. 🙂
    join saja di FB travellers, nanti kalo ada jadwal akan kami share…
    (tapi ga jamin juga, trus terang saat ini kami sulit ngefiks kan jadwal buat maen)

  8. Riza Riza

    asiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkk……..oke dehh.join fb sgera laksanakan 🙂

  9. dea atmaji dea atmaji

    mas’e…tu jlannya lwat mna ya’…
    mksih…

  10. lodoyo ke selatan terus ngikutin jalan, pertigaan pasar ngeni lurus saja sampai dusun banyuurip.
    di ujung dusun ada tugu SH terate.. nah dari situ ambil arah kanan ke pertambangan pasir besi.. sampai di pertambangan tinggal nyisir terus ke timur.. ATAU tugu SH terate lurus menuju pantai pudak, pantai-pantai ini ada di timur pudak…
    sama-sama.. 😀

  11. y4no3 y4no3

    Tadi siang barusan kesana, jalanannya ekstrem mas bro, sempat jatohh 2 kali bawa sepeda motor, menuju pantai pudak …. tapi cukup puas bisa ke pantai pudak ….

  12. salam kenal, salam Indonesia raya

    bolehkah blog ini kami share, untuk dipublikasikan di web saya, http://www.faridmubarok.com. saya senang dengan artikel2 ini.. boleh juga kah minta kontaknya. saya Farid Mubarok di 08158830711 email faridmubarok@gmail.com, twitter @faridmubarok. salam

  13. Yang dishare tulisanya atau blognya mas?
    kontak kami ada di sidebar, alamat fb twitter dll juga ada di sidebar. Salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *