Skip to content

Museum Penataran Blitar

Museum Penataran Blitar 2Hei yo para arkeotraveler Blitar, kalian hobi main ke museum? atau pengen piknik keluarga ke museum? Gak usah jauh jauh ke luar Blitar. Blitar sebenernya punya museum lho, namanya Museum Penataran. Letaknya berada dalam Kawasan Wisata Candi Penataran, tepatnya di utara Kolam Renang Penataran.

Koleksi Museum Penataran cukup beragam, mulai dari koleksi arkeologi, keramik, numismatik, dan etnografi. Ada koleksi yang disimpan di dalam gedung dan ada pula beberapa koleksi yang ditata di halaman. Berikut beberapa koleksi Museum Penataran:

Koleksi Arca

Museum Penataran Blitar 3Arca Agastya – Dikenal pula dengan Siwa Mahaguru. Berasal dari Candi Sumbernanas

Museum Penataran Blitar 4Arca Bima

Museum Penataran Blitar 5Arca Brama – Dewa pencipta. Berasal dari Candi Sumbernanas

Museum Penataran Blitar 6Arca Durga – Wujud lain dari Dewi Parwati istri Dewa Siwa

Museum Penataran Blitar 7Arca Ganesa – Anak Dewa Siwa dengan Dewi Parwati, dikenal sebagai Dewa Perang, Dewa Ilmu Pengetahuan, dan Dewa Keselamatan

Museum Penataran Blitar 8Arca Harihara – Perpaduan Dewa Wisnu dan Siwa. Berasal dari Candi Kotes

Museum Penataran Blitar 9Arca Indra – Dewa lokapala (penjaga arah mata angin) timur. Dianggap sebagai dewa hujan dan dewa perang.

Museum Penataran Blitar 10Arca Mahakala – Umumnya diletakkan pada relung sebelah kiri arah masuk bilik candi beraliran Siwaisme.

Museum Penataran Blitar 11Arca Nandi – Kendaraan Dewa Siwa

Museum Penataran Blitar 12Arca Nandiswara – Umumnya diletakkan pada relung sebelah kanan arah masuk bilik candi beraliran Siwaisme.

Museum Penataran Blitar 13Arca Pancuran Museum Penataran

Museum Penataran Blitar 14Arca Parwati – Istri Dewa Siwa. Berasal dari Desa Sumbernanas.

Museum Penataran Blitar 15Arca Perwujudan

Museum Penataran Blitar 16Arca Rsi

Museum Penataran Blitar 17Arca Siwagajasura – Dewa Siwa bertarung melawan ashura yang menjelma dalam wujud gajah. Berasal dari Candi Sumbernanas

Museum Penataran Blitar 18Arca Siwa – Dewa Penghacur

Museum Penataran Blitar 19Arca Surya – Dewa Matahari

Museum Penataran Blitar 20Arca Trimurti – Manifertasi tiga dewa utama agama Hindu (Brahma Siwa, Wisnu). Berasal dari Desa Jiwut

Museum Penataran Blitar 21Arca Wisnu – Dewa Pemelihara

Jaladwara

Museum Penataran Blitar 22Jaladwara – Berfungsi untuk mengalirkan air

Kala

Museum Penataran Blitar 23Kala – Bisanya terletak di atas pintu atau relung sebuah candi

Koleksi Prasasti

Museum Penataran Blitar 24Prasasti Kinewu – Prasasti tertua di Blitar. Dikeluarkan oleh Sri Maharaja Rake Watukara Dyah Balitung dari kerajaan Mdang (Mataram Kuno) pada tahun 898 Saka.

Museum Penataran Blitar 25

Prasasti Padlegan I berasal di Desa Pikatan, Wonodadi.  Prasasti ini memiliki penanggalan angka tahun 1038 Saka  atau 1117 Masehi. Nama raja yang disebut adalah Bameswara. Pada bagian atas (depan dan belakang) prasasti terdapat ornamen lancana yang disebut Candrakapala. Prasasti ini merupakan prasasti pertama Raja Bameswara, raja Kerajaan Panjalu/Kadhiri.

. . .

Museum Penataran Blitar 26

Museum Penataran Blitar 27

Museum Penataran Blitar 28

Sebenarnya koleksi Museum Penataran masih banyak dan lebih beragam dari ini. Koleksi Museum Penataran sebagian besar berasal dari Koleksi Pendopo Kab. Blitar. Bagi kalian yang penasaran dengan koleksi-koleksi museum ini silahkan berkunjung langsung. Museum Penataran buka setiap hari, tutup pada hari senin. Selamat berkunjung. 😀

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan