Skip to content

Menyelesaikan Urusan di Pantai Umbul Baros

Perjalanan ke Umbul Baros awal April kemarin memang masih menyisakan rasa penasaran. Pasalnya, dalam perjalanan tersebut kami belum mampu menyambangi seluruh spot menarik di kawasan Umbul Baros. Kami harus puas dengan air tejun saja, dan terpaksa pulang sebelum bisa mencapai Pantai Umbul Baros. Kini, dengan persiapan yang matang dan punggawa yang lebih garang, kami kembali ke Umbul Baros untuk menyelesaikan segala urusan yang masih tersisa.

Mungkin sebelumnya perlu kami ulas kembali mengenai Umbul Baros. Umbul Baros adalah sebuah pantai di Blitar selatan dengan pemandangan laut bebasnya yang khas. Selain pantai, disekitar lokasi tersebut juga dapat dijumpai adanya air terjun. Lokasi pantai dan air terjun Umbul Baros berada di Desa Sumbersih, Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Secara umum rute untuk menuju lokasi ini adalah : Blitar – Sutojayan (Lodoyo) – Panggungrejo – Sumbersih – Lingkungan Sumberpucung – Umbul Baros. Ulasan lengkap mengenai rute menuju Umbul Baros dapat disimak dalam tulisan “Cukup Air Terjun Umbul Baros”.

Kendala kami dalam perjalanan sebelumnya adalah ketidaksiapan kami untuk menyeberangi sungai yang melintang di belakang pantai. Kala itu permukaan sungai sedang meninggi karena sedang musim penghujan. Beberapa opsi sempat kami coba, tapi semuanya mengalami kebuntuan.

road to umbul baros (2)Karena rute yang kami lalui sama, jalannya perjalanan kali ini tidak terlalu berbeda dengan perjalanan yang terdahulu. Segeralah kami tiba dilokasi Umbul Baros. Kami sempatkan sebentar menyambangi air terjun sebelum melanjukan perjalanan ke pantai. Setelah cukup puas, perjalanan ke pantai dimulai kembali. Dalam perjalanan ini kami sempat memperoleh informasi bahwa penduduk setempat telah membuka rute baru untuk menuju pantai. Rute tersebut tidak lagi melewati sisi sungai yang dalam, melainkan memutar melalui sisi yang dangkal kemudian menerobos semak hingga pantai. Awalnya kami tetap mencoba melalui rute sungai, namum karena kondisinya masih tak berubah dari perjalanan kemarin, akhirnya kami memilih melalui rute memutar.

road to umbul baros (1)

road to umbul baros (3)Bersiap menerobos semak

road to umbul baros (4)

road to umbul baros (5)

air terjun umbul barosAir terjun Umbul Baros dari kejauhan

Dengan melewati rute baru, kami tetap harus menyeberangi sungai tetapi di bagian yang agak dangkal. Kemudian kami masuk semak yang baru dibuka. Meskipun harus menerobos semak yang cukup gelap, tetapi tenang saja, jalannya sudah enak. Akhirnya kami berhasil keluar dari semak. Kini ujung perjalanan ini sudah dapat dipastikan. Pantai Umbul Baros.

pantai umbul baros blitar (1)Sisi timur Pantai Umbul Baros dengan sedikit campuran pasir besi.

pantai umbul baros blitar (2)

pantai umbul baros blitar

pantai umbul baros blitar (3)

pantai umbul baros blitar (4)Pantai Umbul Baros yang mulai surut

pantai umbul baros blitar (6)Bibir Pantai Umbul Baros yang didominasi kerikil

Raut kegembiraan tak dapat disembunyikan saat kami berhasil menginjakkan kaki di pantai Umbul Baros. Pantai yang tergolong masih perawan dari wisatawan ini membayar segala rintangan yang kami lalui diperjalanan. Dan akhirnya peluh kami pun telah terbayar!!

traveller in umbul baros

Related post:


Writer : Galy Hardyta & Pristiko Gunawan

Participant : Galy, Kcing, Tiko, Erwin

11 Comments

  1. waaahh… mantap saudara saudara

  2. Wow,…
    Selamat, jadi bisa di ikuti nih jejaknya.

  3. monggo-monggo.. jalannya lumayan enak lho.. motor udah bisa sampai deket pantai. motor bisa di parkir 500 meteran dari pantai 😀
    kalau maen ke pantai di blitar selatan atau dimana saja jangan lupa jaga kebersihan ya. bawa kantong plastik untuk nyimpan sampah sementara, ntar kalo udah nemu tempatsampah bisa dibuang.

  4. Tenang, kalau soal sampah, Insyaallah selalu siap sedia kantong plastik ataupun tas, kalau tidak siap sedia, berarti tak bawa apa-apa.

    Oiya, itu parkirnya di rumah warga atau di ladang?

  5. mantab mbak 😀 sampean bener-bener travellers yang berwawasan lingkungan..

    parkirnya di ladang. asalkan ramah pada petani n warga setempat isyaAllah aman

  6. Hahahaha Terimakasih pujiannya 😀

    Ok dah, kalau waktu senggang saya coba kesana,..

    Oiya buat pantai gayasannya, kira-kira ada foto yang menunjukkan air payau sekaligus bibir pantainya apa tidak ?

  7. sip2 😀 semoga sukses travellingnya

    oke untuk pantai gayasan kami carikan dulu. ntar kalau ada kami mention di twitter

  8. keren mas siip
    kapan2 boleh jadi tour guide nih kesana 🙂

  9. boleh2.. hubungi hot line kami aja. ntar kalo jadwalnya cocok bisa kami antar. 😀

  10. saya pernah kesini klo gk salah th 2010 an, sampe skarang malah blm tau namanya klo ternyata umbol baros,, waktu itu kita nyebrang sungai memang dalem nya sampe pinggang.. wekekekek

  11. Tyopras Tyopras

    Dlu pernh kestu mlm2 jm 8an.tujuan cr kingkeng/kelomang/umang2.memang stu surganya kelomang klo mlm hari.pas pntainya surut jd sungainya dangkal.ngeri2 gmn gtu suasananya.krn dimlm hri.penenrangan cm lampu senter sm lampu emergenci doank.hiiiikk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *