Skip to content

Menyambangi Primadona Wisata Pantai di Tulungagung – Popoh dan Sidem

Siapa pun pasti mengenal Popoh dan Sidem, yakni dua pantai di Tulungagung yang sudah cukup tersohor di antero Jawa Timur. Dalam perjalanan kali ini kami berkesempatan menyambangi kedua pantai tersebut. Syukurlah perjalanan ini dapat berjalan dengan santai dan lancar.

Bertolak dari Blitar barat, kami mengambil rute standar menuju Tulungagung, yakni rute Ngantru. Rute ini begitu familiar karena sering kami lalui dalam perjalanan-perjalanan menuju Tulungagung dan Trenggalek. Berikut diskripsi rute yang kami maksud: Blitar – Ngantru – Boyolangu – Camprdarat – Besuki. Memasuki Boyolangu papan-papan penunjuk arah menuju Popoh dan Sidem sudah dapat dijumpai. Cukup dengan berpatokan pada papan-papan tersebut, Popoh dan Sidem dapat dituju dengan mudah tanpa kwatir tersesat. Akses jalan yang tersedia juga relatif memadai, bahkan sudah diaspal halus hingga ke pantai. Dari segi akses, memang tidak diragukan lagi bahwa kedua pantai ini merupakan primadona wisata pantai di Tulungagung. Lantas bagaimana dengan kondisi pantainya?? Mari kita kupas satu persatu 😀

Pantai Popoh                     

Baik Pantai Popoh maupun Sidem keduanya sama-sama terletak di teluk popoh, keduanya dikelola secara bersamaan, bahkan diintegrasikan dengan beberapa spot wisata lainnya seperti: Padepokan Retjo Sewu, Pantai Laut Bebas, Pantai Coro, dan Goa Alami. Dari segi infrastruktur pendukung, tampaknya Popoh lebih diutamakan sebagai sentral wisata pantai di Tulungagung. Pantai Popoh dilengkapi dengan berbagai infrasturktur seperti: panggung hiburan, pendopo, toilet, mushola, taman bermain, dan kios souvenir. Komplit dah pokoknya. Bahkan pantainya pun dipaving. Keren bukan?? (ANEH) Dari pengamatan kami, hamparan pantainya sudah tidak luas lagi, bisa dibilang lebih dominan infrastruktur pendukungnya ketimbang pantainya sendiri. Lantas, apakah keadaan yang sedemikian ini menyurutkan minat wistawan?? Kami rasa tidak. Masih banyak alasan bagi wisatawan untuk tetap mengunjungi pantai ini. Salah satunya ya karena suasana disini tidak seperti pantai pada umumnya.

pantai popoh tulungagung (1)

pantai popoh tulungagung (4)Desain pantai yang sedemikian rupa ini tidak terlepas dari kearifan lokal setempat, terutama sebagai sarana pendukung prosesi Labuh Semboyo. Labuh Semboyo merupakan prosesi sejenis larung sesaji yang dilakukan setiap bulan Suro. Prosesi ini juga menjadi atraksi wisata andalan di Pantai Popoh.

Sekiranya kekurangan dari pantai ini hanyalah minimnya area terbuka. Hampir semua bagian pantai telah tertutup oleh pembangunan. Tapi jangan kwatir, indahnya panorama teluk belum sepenuhnya sirna dari pantai ini.

pantai popoh tulungagung (7)

pantai popoh tulungagung (2)

pantai popoh tulungagung (6)

pantai popoh tulungagung (5)

Pantai Sidem

Lokasi Pantai Sidem berada disebelah barat Pantai Popoh. Untuk menuju Sidem kami bertolak dari Popoh dan mengikuti jalanan beraspal menuju pintu keluar Kawasan Wisata Pantai popoh. Sebelum sampai di pintu keluar kawasan wisata, kami menjumpai papan penunjuk arah menuju Pantai Sidem. Dengan langkah pasti kami menyusuri jalan tersebut. Dan sampailah kami di Pantai Sidem.

travellers in sidemPantai Sidem masih lebih asri ketimbang pantai popoh, pantai ini masih berupa hamparan pasir dengan sedikit fasilitas pendukung yang tersedia. Panorama di pantai ini lebih dramatis ketimbang panorama di Popoh. Jika memandang ke arah selatan, akan tampak ujung tanjung yang mengapit Teluk Popoh. Diantara kedua tanjung tersebut samar-samar terlihat adanya beberapa pulau di lepas pantai. Sungguh pemandangan yang memukau.

pantai sidem (1)

pantai sidem (2)

pantai sidem (3)

pantai sidem (4)

pantai sidem (5)Benar-benar kontras antara Popoh dan Sidem. Namun kekontrasan tersebut justru membuat perjalanan ini tidak monotone.


Writer : Galy Hardyta

Participant : Galy, Mei, Indahsari, Reza

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *