Skip to content

Menguak Kemegahan Candi Tepas di Kesamben Blitar

Candi Tepas memang telah runtuh. Batu-batu penyusunnya bahkan sudah aus dan bentuknya tidak lagi persegi. Dari kaki candi yang tersisa, hanya sebagian kecil saja permukaan dindingnya yang masih utuh.

candi tepasCandi Tepas secara administratif terletak di Desa Tepas, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Letaknya berada di sebelah utara Pura Desa Tepas. Dari Blitar rute menuju Candi Tepas adalah sebagai berkut: Blitar – Kesamben – Setelah Kantor Kecamatan Kesamben ada pertigaan arah SMKN 1 Doko – Ikuti arah SMKN 1 Doko sampai tiba di Desa Tepas – Petunjuk arah menuju Candi Tepas terletak di kiri jalan.

Tak banyak informasi yang bisa didapatkan dari Tepas. Kesejarahan mau pun bentuk asli dari candi ini juga masih kabur. Dari cerita rakyat yang berkembang, candi ini dipercaya berasal dari era Kerajaan Majapahit. Sedangkan bentuk candi yang bisa kita lihat sekarang adalah bagian kaki candinya saja. Kemungkinan bentuk candi ini serupa dengan bentuk candi-candi di Jawa Timur lainnya, yakni berbentuk tinggi dan langsing di bagian tubuh candinya (sebagai referensi mungkin bentuknya semacam Candi Sawentar, Blitar). Tubuh dan atap candi telah runtuh dan batu-batu penyususnya kini ditumpuk di sekitar bangunan candi.

candi tepas kesamben blitarBangunan candi menghadap ke arah barat

candi tepas tampak sampingDari samping, tampak sisa-sisa dinding candi yang masih utuh.

candi tepas tampak belakangCandi Tepas dilihat dari belakang.

puncak candi tepasPuncak Candi Tepas sekarang.

Sepintas bentuk Candi Tepas memang sudah tidak menarik. Ya mau gimana lagi, kerusakannya sudah terlalu massive. Kalau mau liat hal yang menarik yok coba mengelilingi area sekitar candi. Coba deh liat-liat ke luar pagar kawat yang mengelilingi candi ini.

lingga patok candi tepasTernyata di area sekitar Candi Tepas masih banyak struktur-struktur bangunan yang terpendam. Tentunya struktur tersebut masih berkaitan dengan Candi Tepas. Yang paling mudah ditemukan adalah keberadaan lingga patok 25 meter di timur laut candi. Lingga merupakan simbol Dewa Siwa, berbentuk memanjang dengan bagian atas berupa segi delapan dan bagian bawah persegi. Lingga biasanya menjadi kesatuan dengan Yoni (simbol Dewi Parwati). Kesatuan Lingga dan Yoni biasanya diletakkan di dalam bilik candi. Berbeda dengan Lingga, lingga patok berfungsi sebagai pembatas suatu tempat suci. Lingga patok biasanya diletakkan di pojok-pojok area candi. Di area candi ini ada empat buah lingga patok. Foto di samping adalah lingga patok yang terletak di timur laut Candi Tepas. Lingga patok lainnya berada di rumah warga, dan ada pula yang berada di kebun sebelah barat Candi Tepas.

struktur pagar candi tepasTernyata masih ada lagi sisa-sisa kemegahan Candi Tepas lainnya, yakni struktur pagar yang mengelilingi candi. Pagar yang kami maksud bukan lah pagar kawat yang mengelilingi candi, tapi pagar kuno yang sebagian masih terpendam. Stuktur ini lah yang sebenarnya merupakan pagar asli dari candi.

Yang paling jelas terlihat adalah struktur pagar di sisi utara. Struktur tersebut tersusun dari batu bata, memanjang dari timur ke barat. Bahkan struktur tersebut terus memanjang hingga ke kebun di barat jalan Candi Tepas. Bisa kita lihat di kanan kiri jalan desa terlihat struktur pagar yang terputus tapi sebenarnya berhubungan. Saat kami telusuri ternyata struktur pagar tidak hanya di sisi utara saja. Baik di timur, barat, maupun selatan juga bisa dijumpai struktur yang dimaksud. Struktur tersebut berdenah persegi panjang, mengelilingi Tepas dari semua arah. Wow keren. 😮

struktur pagar candi tepas blitarSyaiful dan Adon menunjukkan struktur pagar yang terpotong jalan desa.

Candi yang selama ini hanya terlihat seperti tumpukan batu, ternyata masih menyimpan sisa-sisa kemegahannya. Setelah semua ini terkuak, lalu apa yang akan terjadi selanjutnya?? 🙂


Writer : Galy Hardyta

Photographer : Adon & Galy

Participant : Adon, Galy, Syaiful

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *