Skip to content

Kelompok Arca Gaprang Blitar, Unik dan Vulgar

Sesuai dengan namanya, Kelompok Arca Gaprang merupakan kumpulan arca kuno yang terletak di Desa Gaprang, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar. Sebenarnya bukan hanya arca saja yang ada di sini, tetapi juga ada kemuncak, watu dakon, batu candi, sejumlah kala, makara, dan inskripsi. Berdasarkan penuturan juru pelihara,  benda-benda cagar budaya koleksi kekunaan ini dulunya merupakan temuan warga sekitar yang tercecer di lingkungan Gaprang. Kemudian warga berinisiatif mengumpulkannya disuatu tempat yang kini dikenal sebagai Kelompok Arca Gaprang.

arca-gaprang-blitarArca Dwarapala

kemuncak-gaprangKemuncak

kelompok-arca-gaprangKala

kalamakara-gaprangMakara

prasasti-gaprangInskripsi Gaprang (sekarang di Museum Penataran)

Ditilik dari sengkalan yang terdapat pada inskripsi Gaprang, diduga benda-benda cagar budaya ini berasal dari masa Kerajaan Majapahit. Sengkalan berbunyi “mata ro ro haguna tunggal” memiliki pengertian dua mata manusia berguna melihat satu arah. Sengkalan ini juga melambangkan angka tahun mata = 2; roro = 2; haguna = 3; tunggal = 1. Dibaca terbalik menjadi 1322 Saka atau 1400 Masehi.

kelompok-arca-gaprang-blitarDari sekian koleksi Kelompok Arca Gaprang, ada sepasang arca laki-laki dan perempuan yang cukup unik. Sepasang arca ini dipercaya sebagai asal-muasal terjadinya manusia. Penafsiran ini didasari dari bentuk arcanya yang vulgar. Salah satu arca memegang alat genital laki-laki lengkap dengan testisnya dan arca lainnya yang memiliki lubang di antara paha menyerupai alat genital perempuan.

arca-gaprangInfo: Mungkin saja kedua arca ini sebenarnya merupakan sosok laki-laki. Berdasarkan pengamatan kami, pada arca yang dipercaya sebagi sosok perempuan juga dijumpai adanya testis. Lubang yang terdapat pada arca pun terlihat sebagai patahan suatu bentuk yang serupa dengan arca laki-laki. Pada dasarnya pengamatan ini bukanlah bentuk penolakan terhadap cerita rakyat yang berkembang. Info ini hanya untuk memberikan gambaran dari sudut pandang yang berbeda, agar fakta dan mitos sama-sama memperoleh porsi yang berimbang.

Kalian tertarik dengan kelompok arca yang nyentrik ini? Kelompok Arca Gaprang bisa di akses dari Jalur protokol Kota Blitar – Kanigoro (Ibu Kota Kab. Blitar). Ancer-ancer: Kota Blitar – Perempatan Karang Tengah ke timur ke arah Kanigoro – Perempatan setelah SD Negeri 2 Gaprang belok ke kanan (ada papan petunjuknya di kiri jalan)- Kelompok Arca Gaprang terletak di kiri jalan.

Sambangi Kelompok Arca Gaprang. Rasakan sensasi berwisata sejarah di Blitar raya, di mana setiap jengkalnya tersimpan peninggalan agung leluhur Nusantara.

Enjoy and share Blitar guys 😀


Writer: Zid

Photographer: Veri

Participant: Zid, Veri

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *