Skip to content

Ekspedisi Tirto Galuh, Menyibak Eksotisme Kedung Kedung di Blitar Selatan (Kedung Malang)

Eksotisme ekosistem kars di Blitar selatan memang sudah tidak diragukan lagi, dan kini saatnya kami membuktikannya. Memang tak akan ada habisnya, meskipun dicari berkali-kali pasti akan muncul keindahan-keindahan baru yang masih tersembunyi di Blitar selatan. Kali ini akan kami yakinkan bahwa obyek yang kami kunjungi ini adalah salah satu yang paling eksotis di antara lainnya. Keeksotisan tersebut bernama Tirto Galuh.
Tirto Galuh atau dikenal juga dengan nama Kedung Malang terletak di Desa Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab Blitar. Lokasinya berada tidak jauh dari Monumen Trisula. Dari Blitar obyek ini dapat dituju dengan rute sebagai berikut: Blitar – Kademangan – Suruhwadang – Perempatan Gawang – lalu dilanjutkan dengan mengikuti papan petunjuk menuju Monumen Trisula. Sebelum beranjak menuju lokasi kedung terlebih dahulu kami mampir di Monumen Trisula.

mampir monumen trisulaTidak jauh dari Monumen Trisula terdapat Kedung kecil. Oleh masyarakat setempat kedung tersebut dikenal sebagai Kedung Trisula. Kedung ini cukup eksotis. Di sini kami disuguhi pemandangan dari tiga air tejun mini yang terletak berjajar. Sungguh pemandangan yang memukau. Kedung ini dapat dituju dengan mengikuti jalan di belakang monumen. Lokasi kedungnya berada dibawah jembatan.

kedung trisula blitarSetelah cukup puas dengan panorama Kedung Trisula, kami melanjutkan perjalanan menuju Tirto Galuh a.k.a Kedung Malang. Kami kembali menuju monumen. Dari monumen kami melanjutkan perjalanan dengan mengikuti rute menuju Gua Umbultuk. Tidak sampai gua, kurang lebih 1 km perjalanan kami berhenti dan bertanya pada warga dengan kata kunci “Kedung Malang”. Akhirnya kami memperoleh petunjuk. Kami segera menitipkan kendaraan di rumah warga sekitar dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Sekitar 10 menit berjalan akhirnya kami sampai di Tirto Galuh.
Wow keren. Benar-benar masterpiece yang tersembunyi di Blitar selatan.

kedung malang

kedung tirto galuh

travellers in tirto galuhPemandangan yang benar benar eksotis. Tak mau hanya terkagum-kagum, kami pun mencoba menyusuri aliran sungai disekitar kedung. Hasilnya cukup memuaskan. Disepanjang aliran sungai kami menjumpai banyak air terjun mini. Benar-benar kekayaan Blitar selatan yang eksotis.

susur sungai

sungai

grojogan


Writer : Riez Aditya H

Photographer : Kcing (Riez Aditya H)

Participant: Kcing, Bayu, Deni, Edid, Mufid, Puthut, Reyno

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *