Skip to content

Jurug Tumpuk, Air Terjun Bertingkat dari Blitar Selatan

jurug tumpuk blitarJurug Tumpuk memang bukan satu-satunya air terjun bertingkat di Blitar selatan. Kontur pegunungan kapur di wilayah Blitar selatan memang memungkinkan terbentuknya sejumlah air terjun bertingkat dengan kelok-kelok yang indah. Tapi, jika para traveler ingin menyaksikan air terjun bertingkat yang istimewa, silahkan sambangi langsung Jurug Tumpuk.

Jurug Tumpuk terletak pada aliran sungai di perbatasan Desa Lorejo, Kec. Bakung dengan Desa Pasiraman, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Air terjun ini bisa diakses dari ke dua desa, namun dalam perjalanan kemarin kami memilih melalui jalur Desa Pasiraman. Berikut rute menuju Jurug Tumpuk dari Blitar: Blitar – Kademangan – Ikuti arah menuju Pantai Tambakrejo – Perempatan Gawang lurus saja mengikuti jalan sekitar 2 km sampai TK Dharmawanita 01 di kanan jalan – Ikuti jalan rabat beton di samping TK hingga masuk pemukiman warga. Selanjutnya kami sarankan pada traveler sekalian untuk bertanya kepada masyarakat setempat mengenai rute turun ke air terjun. Perjalan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati ladang dan pepohonan.

Sesuai makna harfiahnya Jurug = Air Terjun; Tumpuk = Tingkat, jurug ini memang bertingkat bro. Bahkan kerennya tingkatannya sampai tiga sap. Aliran air dari tingkat pertama dimanfaatkan warga setempat untuk mengairi ladang. Sisa air selanjutnya mengalir berturut-turut dari tingakat dua ke tingkat terakhir. Jika kita berada tepat dibawah air terjun, tingkat pertama akan sedikit sulit terlihat. Spot yang paling bagus untuk menyaksikan air tejun ini secara utuh adalah dari sebuah batu raksasa di depan air terjun.

air terjun jurug tumpukMengalir dari tingkat ke tingkat

air terjun tumpuk blitarIndahnya Jurug Tumpuk beserta vegetasi hijau yang menyelimutinya

Ayo datang ke Jurug Tumpuk. Keadaannya memang sedikit liar dan menantang, namun itu sebanding dengan keunikannya. Dengan menyambangi Jurug Tumpuk berarti kalian telah menjadi saksi begitu melimpahnya potensi wisata di Blitar. Have nice trip. Keep safety traveling 😛

jurug tumpuk


Writer: Galy Hardyta

Participant: Anggun, Galy, Deni, Dodik, Guntur dan kawan, Rendro

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *