Skip to content

Pesona Elok Jurug Kedung Golek Blitar (Air Terjun Bidadari)

Wajar saja jika Blitar selatan disebut dengan surganya kedung dan air terjun (jurug). Masih ada saja pesona alam nan cantik yang tersimpan disana, salah satunya adalah Jurug Kedung Golek. Ya, Kedung Golek merupakan sebuah jurug atau air terjun yang terletak di Desa Panggungrejo, Kec. Panggungrejo Kab. Blitar. Setelah dikembangkan jurug ini diberi nama Air Terjun Bidadari.

Rute untuk menuju ke lokasi air terjun cukup mudah. Dari Blitar arahkan perjalanan ke Sutojayan – arah Pantai Serang – Desa Panggungrejo – Tugu Pancasila Panggungrejo lurus saja ( jika belok kiri arah ke Pantai Serang dan pehpulo) sampai ada SD 7 Panggungrejo kiri jalan – belok kanan ikuti jalan tanah dan rabat beton sampai jalan menurun agak tajam, nah setelah itu silahkan bertanya kepada warga sekitar untuk rute turun ke lokasi air terjun. Kendaraan bisa di parkir di rumah warga di sekitar jalan menurun tadi. Selanjutnya dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 5-10 menit saja. Kita cukup mengikuti jalan yang sudah biasa dilalui kendaraan keluar masuk ladang warga.

Setelah sampai di lokasi air terjun kita akan dimanjakan dengan view air terjun bertingkat yang menakjubkan. Jika dilihat dari kejauhan Jurug Kedung Golek memiliki 3 tingkatan yang semakin melebar di bagian terbawahnya. Beraneka vegetasi masih tampak asri dan alami mengelilingi air terjun. Air mengalir tipis bak kapas itu tampak kontras dengan hijaunya dedauanan disekitarnya. Batu raksasa yang berada tepat di depan air terjun menjadi spot menarik untuk berfoto atau sekedar menikmati kesejukan percikan aliran air terjun.

Eksotisme aliran air jurug kedug golek

Jurug Kedung Golek (Air Terjun Bidadari) biasa juga disebut Jurug Kali baros

Bagi teman-teman yang ingin berbasah-basah ria dibawah air terjun bisa banget karena kolam di bawahnya cukup dangkal dan aman. Hanya perlu waspada karena bebatuan di bawah air terjun benar-benar licin.

Seperti halnya kebanyakan jurug atau air terjun di wilayah Blitar selatan lainnya, eksotisme Jurug Kedung Golek hanya dapat dinikmati pada saat musim-musim tertentu. Di saat musim kemarau panjang debit air yang mengalir sangat kecil bahkan mengering. Jadi, dibutuhkan timing yang pas untuk berkunjung ke jurug ini.

Jangan lupa,abadikan setiap moment perjalanmu guys ^^ 

and

Let’s Share Blitar


Writer : Enny Dw

Photographer : Anggun

Participant : Anggun, Enny, Ali, Ardhi, Aghuff, Dodik, Hidha, Nicko, Kunti, Shara, Wahyu, Windy, Yesi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *