Skip to content

Jurug Jurang Semarang, Air Terjun Alami di Desa Tugurejo Blitar

Jurug Semarang merupakan air terjun yang secara administratif masuk dalam wilayah Desa Tugurejo, Kecamatan Wates, Kab. Blitar. Warga sekitar lebih mengenalnya dengan nama Jurang Semarang. Jurug ini masih belum banyak dikunjungi, sehingga suasananya masih alami dan pemandangannya eksotis.

Rute menuju Jurug Jurang Semarang dari Kota Blitar adalah sebagai berikut: Blitar – Lodoyo – Binangun – ikuti arah Pantai Jolosutro hingga menjumpai Perempatan Kantor Desa Ringinrejo – dari perempatan tersebut belok ke kiri mentok, kemudian belok ke kiri sampai perempatan Pasar Desa Sukorejo – dari perempatan pasar belok ke kanan sampai lapangan – dari lapangan kendaraan bisa dititipkan di rumah warga atau diparkirkan di semak-semak. Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak, melintasi persawahan, masuk ke bukit dan menyusuri sungai. Setelah melewati semua itu, kalian akan sampai di Jurug Jurang Semarang.

Jurug Jurang Semarang, Air Terjun Alami di Desa Tugurejo Blitar 2

Sebuah pemandangan yang begitu eksotis dan alami. Air Terjun Jurang Semarang ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras. Airnya lumayan dingin sama seperti air terjun pada umumnya. Di kanan kiri air terjun terdapat tebing-tebing alami yang menjulang tinggi. Selain itu, berbagai jenis pohon dan vegetasi  juga mengelilingi indahnya Jurug Semarang. Yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah kondisi alam di sekitarnya yang masih alami.

Ayo datang ke Jurug Semarang. Keadaannya memang sedikit liar dan menantang, namun itu sebanding dengan keunikannya. Dengan menyambangi Jurug Semarang berarti kalian telah menjadi saksi begitu melimpahnya keindahan alam yang dimiliki Blitar. Have nice trip & keep safety traveling. 😀