Skip to content

Joglo Arca, Kumpulan Benda Cagar Budaya di Pendopo Trenggalek

joglo arca trenggalek

Peninggalan sejarah masa klasik di Trenggalek tidaklah sedikit. Keberadaannya tersebar di beberapa titik seperti: Candi Brongkah di Kec. Pogalan, Situs Semarum di Kec. Durenan, yoni di Kec. Gandusari, sejumlah arca di Kec. Tugu, dan masih banyak lainnya. Jejak-jejak peninggalan masa klasik juga dapat kalian jumpai di Joglo Arca yang terletak di area Pendopo Kabupaten Trenggalek.

Joglo Arca

Joglo Arca ini merupakan bangunan pendopo kecil tempat menyimpan benda-benda cagar budaya dari berbagai wilayah di Trenggalek. Meskipun tak banyak, namun koleksi benda-bendanya cukup beragam. Berikut koleksi Joglo Arca Pendopo Trenggalek:

Koleksi Arca

Joglo Arca, Kumpulan Benda Cagar Budaya di Pendopo Trenggalek 2

Arca dwarapala dalam posisi jongkok (depan) dan arca dwarapala dalam posisi berdiri (belakang).

Joglo Arca, Kumpulan Benda Cagar Budaya di Pendopo Trenggalek 3

Arca tokoh

Koleksi arca yang dimiliki Joglo arca ini cukup beragam. Terdapat tiga buah arca dwarapala (arca penjaga). Satu arca digambarkan dengan posisi berdiri dan dua lainnya dalam posisi jongkok. Kedua arca dwarapala yang jongkok tersebut dipahatkan dengan gaya pahat yang sederhana, seperti arca dwarapala pada Situs Condrogeni di Nganjuk. Koleksi arca lainnya adalah sebuah arca tokoh yang digambarkan sedang duduk jongkok sambil kedua tangannya memeluk lutut, sayangnya bagian kepala arca ini telah hilang. Nah arca yang paling ikonik di sini adalah Arca Bima. Arca ini digambarkan berdiri gagah dan dilengkapi dengan atribut-atribut ciri khas Bima seperti kuku pancanaka dan gada.

Joglo Arca, Kumpulan Benda Cagar Budaya di Pendopo Trenggalek 4

Arca Bima

Koleksi Prasasti

Joglo Arca, Kumpulan Benda Cagar Budaya di Pendopo Trenggalek 5

Prasasti

Pada joglo ini juga terdapat sebuah prasasti batu. Prasasti tersebut polos, mungkin belum selesai dikerjakan, sebab pahatan padma pada lapik prasasti masih terlihat belum sempurna. Keunikan prasasti ini adalah terdapat tonjolan pada salah satu sisinya. Tonjolan tersebut memiliki bentuk yang sama seperti bentuk keseluruhan dari prasastinya.

Koleksi Batu Dakon

Joglo Arca, Kumpulan Benda Cagar Budaya di Pendopo Trenggalek 6

Pada joglo ini terdapat dua buah batu dakon.

Koleksi Yoni

Koleksi yoni ada dua. Salah satu yoni memiliki bentuk yang masih utuh, pada bagian tengahnya ditancapkan sebuah tugu. Dalam papan keterangan, tugu tersebut disebut sebagai stamba. Kondisi yoni yang kedua telah patah bagian ceratnya. Yoni tersebut diletakkan di bawah arca tanpa kepala.

Koleksi Batu Candi

Joglo Arca, Kumpulan Benda Cagar Budaya di Pendopo Trenggalek 7

Batu candi yang menjadi koleksi dari joglo arca adalah bagian dari miniatur candi. Kala pada bagian miniatur candi ini masih dapat terlihat dengan jelas.


Writer: Galy Hardyta

Participant: Ardi, Galy, Rendro

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan