Skip to content

Hore Rame Rame ke Air Terjun Njumeg, Wates, Blitar

travellers at njumegDari judulnya aja sudah ketahuan, ini pasti tentang open trip. Hehehe… Yup, open trip sebenarnya sudah bukan barang baru lagi bagi D’Trav. Sudah sering kali kami mengadakan open trip, tapi ya kadang-kadang rame kadang-kadang juga enggak. Soalnya open trip D’Trav sendiri sering diadakan pas hari sibuk sih… Ya mohon maklum lah, dasar kita-kitanya orang yang punya kerjaan luar biasa. Kalau libur gak pandang hari, sering-sering malah pas hari sibuk. Tapi Alhamdulillahnya, open trip yang diadakan Kamis 09 April 2015 kemarin banyak yang minat. Total ada 11 travellers ikut dalam trip kemarin, bahkan di tengah perjalanan ketambahan dua orang lagi. Open trip kali ini bertujuan ke Air Terjun Jumeg, Desa Ringinrejo, Wates, Blitar. Oiya, sebelumnya bagi yang kecantol baca postingan ini harap tenang ya. D’Trav akan tetep ulas info seputar Air Terjun Njumeg kok. Jadi kalo sekedar cari referensi, bisa lah baca postingan ini. hehehe.

Air Terjun Njumeg/ Jumeg/ Kedung Njumeg secara administratif terletak di Dusun Ringinsari, Desa Ringinrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar. Letak air terjun ini cukup strategis karena berada tidak jauh dari jalur utama menuju Pantai Jolosutro. Rute menuju Jolosutro sendiri sudah sangat jelas karena banyak petunjuk arahnya. Kalau dirangkum, rute menuju Air Terjun Njumeg adalah sebagai berikut: Blitar – Lodoyo – Binangun – Wates – Perempatan Puskesmas Ringinrejo(barat jalan) belok ke kanan ke arah Bantengan (ada papan petunjuk arahnya) – Ikuti jalan aspal sampai mentok di tikungan – Belok ke kiri menuruni jalan macadam – sampai perempatan beraspal belok kanan mengikuti aspal – selanjutnya memasuki jalan macadam lagi hingga ke JLS (Jalur Lintas Selatan) – sampai JLS belok kiri – setelah jembatan pertama (jembatan kecil) ada percabangan, ambil yang nyempal ke kanan – ikuti jalan hingga terlihat rumah bambu di kiri jalan – Air Terjun Njumeg terletak tidak jauh dari rumah tersebut.

peta air terjun njumegPeta Air Terjun Njumeg. 1 Puskesmas Ringinrejo; 2 Air Terjun Njumeg; 3 Ke Jolosutro; garis tegas: aspal; garis putus-putus: macadam/ tanah

Rute dari Blitar menuju binangun ada beberapa alternatif, bisa lewat Brongkos ke selatan; Jegu ke timur sampai Ngembul lalu belok ke arah Jolosutro; Atau lewat Lodoyo, Margomulyo, tembus Pasar Binangun. Kalau jauh deketnya rute tergantung dari titik awal pemberangkatan. Kami yang berangkat dari Kota Blitar bisa lewat rute Ngembul atau pun Margomulyo. Jaraknya hampir sama saja. Berhubung harus njemput Mas Ndanden di Margomulyo, kami memilih rute Margomulyo. Selanjutnya kami behenti lagi di Pasar Binangun untuk menjemput Mas Adon, dan rombongan Mbak Ulfa dari Tulungagung. Setelah rombongan lengkap, kami pun melanjutkan perjalanan.

JLSDari Blitar hingga Ringinrejo kondisi jalannya masih enak. Meski dibeberapa titik aspalnya bolong bolong, tapi tetap lancar untuk dilalui. Perjalanan mulai menantang setelah menuruni jalan macadam. Pengendara harus hati hati, dan kendaraan juga harus prima. Setelah melewati pemukiman terakhir kami pun sampai di JLS. Nyempal dari JLS kami terus merangsek sampai tiba di rumah Pak Suladi. Air Terjun Njumeg tidak jauh dari rumah bapak ini.

rumah pak suladiKami memarkir kendaraan di halaman rumah Bapak Suladi. Sebelum melanjutkan perjalanan, kami sempatkan dulu untuk berbincang bincang ringan dengan beliau. Beliau banyak bercerita mengenai Air Terjun Njumeg. Selain itu beliau juga menujukkan Kedung Kidang, semacam air terjun mini di atas Air Terjun Njumeg. Setelah memberi banyak info, beliau mempersilahkan kami untuk meluncur ke TKP.

Lokasi pertama yang kami tuju adalah Kedung Kidang. Meski hanya berupa air terjun mini, tapi spot ini tetap menawan. Pemandangan disini juga keren. Apa lagi saat berada tepat di atas Air Terjun Njumeg.

kedung kidangKedung Kidang

di kedung kidangDari atas Kedung Kidang

dari atas air terjun njumegHati hati ya. Agak ngeri.

road to njumegSetelah puas dengan Kedung Kidang, kami langsung menuju tujuan utama.

air terjun kedung njumegJeng jeng jeng.. Air Terjun Njumeg.

air terjun njumeg blitarKeren Juga nih air terjunnya. Meski tak terlalu tinggi tapi tetep aja keren. Pemandangan disekitarnya keren. Di bawah air terjunnya juga ada kolam raksasanya. Gak sia-sia deh ngetrip ke sini.

 air terjun njumegDi tengah keriangan, tiba-tiba kami dikejutkan oleh keberadaan Mas Elmy dan Mas Ipunk di atas air terjun. Ternyata mereka menyusul kami ngetrip ke sini. Dan tak seberapa lama kemudian mereka siap dengan aksi ekstrim, meloncat dari atas Air Terjun. What?? Yup, dengan persiapan dan peralatan pelindung diri, Mas Elmy pun melakukan aksi tersebut.

extreamTentunya sebelumnya aksi ini sudah mendapat rekomendasi dari Pak Suladi. Menurut beliau, kolam Air Terjun Njumeg cukup dalam, yakni sekitar 20 m sehingga aman untuk diloncati. Tapi tetap saja harus hati hati.

Hem… Akhirnya trip ini pun berakhir dengan riang. Keren pemadangannya. Gila juga aksi temen temen dalam trip ini. Keren + Gila = Keren Gilak Hahahaha…

Okey, untuk menutup postingan ini. Berikut kami bagi tips ngetrip ke Air Terjun Njumeg:

  1. Sebelum menuju Air Terjun terlebih dahulu mintalah informasi dari Pak Suladi
  2. Jangan memaksakan ke air terjun saat hujan ataupun cuaca kurang mendukung, sering terjadi banjir di aliran air terjun.
  3. Untuk panorama yang maksimal, silahkan kunjungi Air Terjun Njumeg di awal musim kemaru, atau minimal 4 hari setelah hujan. Karena saat pasca hujan air terjun ini agak keruh.
  4. Jangan lupa bawakan oleh-oleh buat Pak Suladi ya. Hehehehe

Sekian dulu ya posting kali ini. Sampai jumpa lagi di perjalanan kami selanjutnya. Oiya terimakasih juga buat temen temen yang udah gabung dalam trip ini. Keep safety travelling.


Writer : Galy Hardyta

Photographer : Adon & Kcing (Riez Aditya Herlambang)

Participant: Adon, Galy, Kcing, Dedy Arun, Elmy, Hesti, Ipunk, Ndanden, Pandu Aji Wirawan, Selvi, Ulfa, Vio, Zulfa

12 Comments

  1. sutikno sutikno

    Rute yg paling dekat,Kelokasi air terjun Njumeg, atau gobit mas, kalau dari Blitar Lodoyo, belok kiri arah Binangun Pasar, belok kanan jalan tanjakan +- 3 km ketemu desa Tumpak Dawet, belok kanan arah Pasar Bantengan, belok kiri arah desa Ringinrejo Lapangan telon, belok Kanan +- 1 km ketemu Pertigaan Bek INI ( Pertelon INI ) lurus lewat jalan makadam,arah ds. Tempur kulon,, tanya saja warga setempat Lokasi tersebut sdh tahu semua, salut….salut Polllllll jadi kangen itu dulu tempat aku mancing ikan Mujaer, Lele,dlll…….

  2. sutikno sutikno

    Satu lagi di desa Ringinrejo juga ada Jurug, Lokasi tidak jauh dari Perempatan Kantor Lurah Ringinrejo,+- 1 km arah Pantai Jolo Sutro adanya disebelah kiri, tanya saja Rmh Pak Samiran, lokasi seberang jalan rmh Pak Samiran…….. silakan meluncur…….

  3. Terimakasih tambahan infonya pak. Sekarang lagi booming lho air terjun njumeg. 😀 sejak pertengahan maret 2015.

  4. sipp enek gambar rutene 😀

  5. Biar bisa jadi patokan bagi yang mau ke sana 🙂

  6. wah pas ndak ikut aku. seru kayake..

  7. yang weekend2an gitu lo mas haha. Itu yang foto anjlok dari atas, sampe bawah aman ndak?

  8. Iya, next trip insaAllah akhir pekan.. aman mas, pake pelampung dan udah minta saran penduduk lokal

  9. enny enny

    treding topik di sosmed ,, hahahaaa

  10. Sampean apal pakm wong wates ta?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *