Skip to content

Gua Jambangan, Lorong Alam dari Dawuhan Blitar Selatan

Gua Jambangan terletak di Dusun Jambangan, Desa Dawuhan, Kademangan, Kab. Blitar. Gua ini berada pada bukit kapur di pinggir jalur menuju Pantai Tambakrejo. Letaknya yang mudah di jangkau tak membuat gua ini banyak di kunjungi wisatawan. Hal ini lah yang menuntun kami untuk menyambangi dan men-share ulang Gua Jambangan.

Gua Jambangan dapat di jangkau dari perempatan Lampu Merah/ Traffic Light Kademangan ke selatan hingga Desa Dawuhan. Letaknya tak terlalu jauh dari Pos Air Jambangan. Gua terletak di kanan jalan (dari arah Blitar), setelah tikungan di selatan pos air.

Keberadaan Gua Jambangan diketahui sejak tahun 1915 oleh Pak Kromotadi tokoh sesepuh desa setempat. Secara umum gua batu kapur ini cukup megah dengan mulut goa seluas 12 meter. Lorongnya sepanjang 40 meter dihiasi oleh formasi batuan alam yang indah dan diakhiri oleh secercah cahaya yang terpancar dari “galang” sebuah celah di ujung gua dengan garis tengah sekitar 1 meter. Pada musim hujan, air menembus gua melalui galang. Tetesan ini langsung meresap ke dalam tanah yang gembur berwarna hitam kecoklatan, sehingga membuat gua ini licin jika dikunjungi saat musim hujan.

Medan didalam gua yang tak terlalu terjal membuat gua ini rekomendet bagi kalian yang masih newbie dalam hal caving. Tak ada salahnya memasukkan gua ini kedalam list caving kalian. Meski simple tapi keren kok guanya.

Galang

Yuk eksplor gua gua di Blitar & Let’s #shareblitar guys. 😛 Jangan lupa bawa senter.


Writer: Zid

Participant: Anggun, Bagus, Zid

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *