Skip to content

Embung Umbul Karangrejo Blitar

Embung Umbul Karangrejo Blitar 5

Keindahan Embung Umbul Karangrejo.

Selain keindahan bendungan dan waduk, Blitar juga memiliki keindahan embung. Apa itu embung? Embung merupakan cekungan penampung yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air. Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, pengairan, maupun estetika (keindahan/ pariwisata). Salah satu embung yang menarik untuk dikunjungi di Blitar adalah Embung Umbul.

Lokasi dan Rute

Embung Umbul secara administratif terletak di Desa Karangrejo, Kec. Garum, Kab. Blitar. Embung ini berada di Lingkungan Sumenur Dusun Karangrejo. Dari Kota Blitar, Embung Umbul dapat dituju dengan mengarahkan perjalanan ke Garum. Perempatan Garum belok kiri (ke utara). Pertigaan tugu Desa Sidodadi belok ke kiri (ke utara) ke arah Desa Karangrejo. Pertigaan Pasar Desa Karangrejo ke kanan mengikuti jalan raya. Perempatan SDN Karangrejo IV lurus mengikuti petunjuk arah ke embung.

Keindahan Embung

Pemandangan di Embung Karangrejo ini sangat menawan. Cekungan air raksasa ini di apit pemandangan yang indah dengan latar belakang yang bergunung-gunung. Permukaan airnya bak cermin yang memantulkan keindahan alam di sekitarnya. Embung ini memiliki udara yang sejuk dan asri karena letaknya berada di kaki Gunung Kelud.

embung umbul karangrejo

Asiknya berfoto di depan sign board.

Embung Umbul Karangrejo Blitar 6

Sign board dengan latar belakang embung.

Di depan embung terdapat sign board yang bertuliskan Embung Umbul. Sing board ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta swafoto/ selfie.

Riwayat Pengelolaan

Embung Umbul bersama Embung Talang Abang yang juga berada di Desa Karangrejo dibangun pada tahun 2019. Embung Talang Abang akan DTrav ulas pada postingan yang lain.


Sumber: Mas Teguh & Mas Udin Jailani warga Desa Karangrejo

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!