Skip to content

Ekspedisi Jurug Bening Blitar, Simpel tapi Wonderful

Keberadaan air terjun-air terjun di Blitar bisa dibilang tidaklah sedikit, keberadaannya selalu membuat kami penasaran, karena selalu ada saja panorama keindahan air terjun yang masih “malu-malu” menampakkan diri. Pada kesempatan ini kami mencoba menelusuri keindahan alam yang berada di ujung tenggara Blitar, yaitu Air Terjun Jurug Bening. Secara administratif Jurug Bening terletak di Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Rute untuk menuju ke jurug ini searah dengan arah menuju Pantai Jolosutro, tapi setelah perempatan Binangun, rute berganti ke arah kanan menuju Pasar Bantengan. Salah satu rute yang dapat dilewati yaitu : Blitar-Lodoyo-Binangun-Pasar Bantengan-Purworejo. Jalan yang dilalui mulai dari awal perjalanan sampai pasar Binangun ini cukup mudah karena sudah didominasi jalan aspal. Sesampainya di Pasar Bantengan kami mengambil arah ke kanan (barat) mengikuti jalan aspal yang lumayan mulus kurang lebih 500m hingga sampai di Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, jalan yg dilalui sudah berubah menjadi jalan aspal yang rusak tergerus air hujan dan dilanjutkan dengan jalan rabat beton sekitar 500 m. Sampai di perempatan kedua berbelok ke kiri (selatan) mentok sampai rumah warga terakhir. Di situlah kami memutuskan untuk memarkirkan kendaraan kami.

Belum banyak yang tau akan sensasi keindahan dari bawah jurug yang satu ini, bahkan warga sekitar sekalipun. Kebanyakan dari mereka hanya melihat dan menikmati keindahan Jurug Bening dari atas, kok bisa? Ya, karena jurug ini berada menjorok kebawah dari atas dataran pemukiman dan persawahan warga. Selain itu, tepat diatas jurug ini merupakan jalan penghubung menuju pemakaman umum. Tapi jangan salah, keindahan Jurug Bening ini sudah tampak menakjubkan meskipun dilihat di sisi kiri kanan dari bagian atas.

jurug bening wates blitarSetelah puas menikmati keelokkan Jurug Bening dari atas, kami melanjutkan perjalanan untuk merasakan sensasi yang sebenarnya, yaitu keindahan Jurug Bening dari bawah alirannya secara langsung. Langsung deh kami lanjutkan perjalanan.

road to jurug beningKarena jurug nya berada di bawah tebing, otomatis kami harus menuruni tebing yang cukup terjal terlebih dahulu. Untuk melewati lereng tebing yang kemiringanya cukup ekstream ini sudah ada jalan setapak yang menjadi jalan utama warga ke sawah dan ladang yang berada di lereng tebing ini. Jalan yang sempit dan juga licin membuat kami harus ekstra hati-hati dalam setiap langkah. 😀 Salah sedikit saja bisa saja akan terperosok ke semak-semak dan bebatuan yang ada dibawahnya.

susur sungaiSetelah kurang lebih 10 menit waktu yg dibutuhkan untuk menuruni tebing, sampailah kami di badan sungai. Tujuan sudah semakin dekat, pesona bebatuan agung dan tebing tinggi yang mengapit sungai ini membuat kami berhenti sejenak terpaku keheningan yang terpecah oleh suara riuh air yang mengalir. Tak berlama-lama kami mulai mengikuti kembali arah kaki yang melangkah dari tumpuan batu satu ke batu yang lain, meloncat sini meloncat sana untuk menyusuri kerasnya bebatuan yang tampak anggun dalam belaian air yang mengalir. Hanya butuh kurang lebih 5 menit menyusuri sungai, tibalah kami rombongan trip di maha karya tersembunyi, Jurug Bening. It’s so WONDERFUL…………..!!!!

jurung bening blitar

jurug beningJurug Bening memiliki ketinggian kurang lebih 35 m. Aliran airnya tidak terlalu deras, tapi memiliki bentuk yang unik karena terpecah oleh bebatuan. Kekontrasan air dengan bebatuan hitam kelam juga tampak indah. Keanekaragaman flora disisi tebing yang mengapit jurug memberikan warna yang melengkapi lukisan nyata ini.

air terjun jurug beningUsaha kami tak sia-sia, semua terbayarkan setelah sampai di tujuan utama perjalanan kali ini, Jurug Bening. Keringatpun serasa menguap bersama hembusan angin dan kesejukkan disana. Tidak ada usaha yang sia-sia.

travellers on jurug bening


Writer : Enny Dwi Lestari

Photographer : Adon & Enny

Participant: Adon, Enny, Aggis, Arditya, Chusna, DeaAtmaji, DhanangDzhuhri, Erwin, Rinto, Sanusi

6 Comments

  1. zizul zizul

    Gmn caranya gabung di komunitas travellers’09 ini ?

  2. Join di grup fb kami aja. Natar kalau ada acara maen bareng akan di share disana 🙂

  3. trimakasih.sobat berkat ini juruk semakin rame…

  4. Sama sama. Senang tulisan ini bisa bermanfaat

  5. curug ini masuk kaki gunung mana ya??

  6. enn enn

    sepertinya bukan dari aliran gunung,tp hanya sungai2 yg mengalir di atasnya .hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *