Skip to content

Wisata Sumber Ubalan

Wisata Sumber Ubalan merupakan sebuah obyek wisata mata air yang terletak di Desa Kalasan, Kecamatan Plosoklaten, Kab Kediri. Letaknya 18 Km di timur pusat Kediri dan 24 Km dari Blitar.

Suasana di sekitar Sumber(mata air) Ubalan cukup menenangkan, mengingat lokasinya berada di area hutan lindung seluas 10 Ha. Keberadaan hutan lindung memang tidak dapat dipisahkan dari Wisata Ubalan dan justru menjadi daya tarik lain dari obyek wisata ini. Berbagai jenis pohon yang tumbuh dengan liar, menjadikan suasana alami di sekitar sumber semakin hidup.

Bagaimana dengan Sumber Ubalan sendiri??

Daya tarik utama Sumber Ubalan terletak pada kejernihan mata air dan keramah-tamahan ikan-ikan yang mendiaminya. Siapa saja pasti tak bisa menahan hasrat untuk berenang di sumber tersebut. Namun sayang, berenang di area ini tidak diperkenankan karena berbahaya.

Tapi tenang.. sebagaimana telah disampaikan sebelumnya bahwa ikan-ikan penghuni sumber ini cukup ramah dan siap memanjakan para pengunjung. Seperti apa keramah-tamahannya?? Simak foto-foto berikut. 😀

wana wisata ubalan kediri (9)

Perjalanan menuju sumber tak kalah menariknya

Tak ada halangan berarti untuk menuju Sumber Ubalan. Yang ada justru suasana menarik saat melewati sebuah kanal yang menghubungkan Sumber Ubalan dengan fasilitas kolam renang. Sesekali pengunjung juga harus melewati pijakan beton untuk menyeberangi sungai. Dan saat itulah pengunjung akan berada dibawah kanal.

wana wisata ubalan kediri (4)

Fasilitas apa saja yang ada di Ubalan??

Banyak fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung di Wisata Sumber Ubalan ini. Dari gerbang utama kawasan wisata, pengunjung tidak langsung diarahkan ke mata air, melainkan ke fasilitas-fasilitas lain seperti: panggung hiburan, taman hiburan, serta kolam renang yang airnya bersumber langsung dari mata air Ubalan.

Jejak Kolonial yang ditemukan di Ubalan

Tertanda bahwa Ubalan telah dibuka sejak 15 Agustus 1891

5 Comments

  1. Koordinat : S7.88267 E112.14947

  2. sumber ubalan ama yg kolam renang yg sudah modern di foto terakhir itu satu tempat atau beda tempat?

  3. yuffi yuffi

    kalau mau melewati jalan beton.nya lewat mana ya??

  4. Itu dibelakang kolam renang arah ke sumber air, pasti nglewatin gan. Tapi ini dokumentasi tahun 2012, bisa jadi sekarang sudah berubah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *