Skip to content

Drama Kolosal Pemberontakan PETA di Blitar

Drama Kolosal Pemberontakan PETA atau Teater PETA adalah event tahunan Kota Blitar yang dipentaskan setiap tanggal 14 Frebruari malam, di pelataran Monumen PETA. Pementasan teater ini mengisahkan pemberontakan Tentara PETA terhadap penjajah Jepang terhadap penjajah Jepang di Blitar pada Februari 1945. Tokoh sentral teater ini adalah Sudanco Supriyadi (ejaan lama “Soeprijadi”). Supriyadi adalah pemimpin pemberontakan pasukan PETA (Pembela Tanah Air).

drama kolosal petaPemberontakan PETA disulut oleh kekejaman penjajah Jepang yang berlaku sewenang-wenang dan menyengsarakan rakyat pribumi. Meski PETA sendiri adalah pasukan infantry bentukan Jepang, tetapi mereka tidak tinggal diam, dan justru berbalik memerangi Jepang. Pemberontakan PETA di Blitar ini dengan mudah dipatahkan karena kekuatanya tak sebanding dengan pasukan yang di miliki Jepang. Akan tetapi, semangat patriotik Supriyadi dan kawan-kawan telah berhasil menyulut semangat patriotisme tentara-tentara PETA di seluruh Indonesia, sehingga setelah itu muncul pemberontakan-peberontakan lain di berbagai wilayah di Indonesia.

Ulasan di atas bukan lah skenario dari Drama Kolosal Peta, tetapi merupakan gambaran umum dari pemberontakan PETA. Jika penasaran dengan drama kolosal ini, mari datang dan saksikan pementasannya di pelataran Monumen PETA Kota Blitar setiap 14 Februari.

2 Comments

  1. wahh, kayaknya acaranya bagus, acaranya digelar mulai jam berapa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *