Skip to content

Dholo yang Masih Menjaga Kesan Alaminya

Liburan adalah kesempatan terbesar bagi para travellers untuk melakukan berbagai ekspedisi. Meski dengan punggawa yang tidak lengkap, bukan berarti ekspedisi-ekspedisi yang telah direncanakan akan terhambat. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan kami melakukan ekspedisi ke Air Terjun Dholo yang terletak di kawasan wisata Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Sadar dengan kondisi personil yang tidak lengkap, kami mempersiapkan ekspedisi ini dengan matang. Seperti ekspedisi sebelumnya, kami melakukan pemindaian dengan foto satelit untuk menemukan rute manuju air terjun ini. Setelah sepakat akhirnya kami pun berangkat.

Jarak yang harus kami tempuh sangatlah jauh, mengingat objek yang kami tuju berada 20 Km di barat daya Kediri atau sekitar 44.7 Km dari Blitar. Oleh karenanya kami memacu kendaraan dengan kencang agar segera sampai ke tempat tujuan.

Meskipun belum begitu mengetahui jalanan di Kabupaten Kediri kami tetap enjoy. Kami merasa berada di jalur yang benar, karena sebelum berangkat telah memindai rute-rute yang akan dilalui. Namun kenampakan rute yang sebenarnya berbeda dengan kenampakan pada foto satelit. Alih-alih potong kompas, rute yang kami lalui justru berujung kebuntuan. Akhirnya kami harus mencari informasi pada beberapa orang yang kami temui di jalan.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, untuk menuju ke Air Terjun Dholo atau Desa Jugo yang berada di seberang Sungai Brantas, kami harus menggunakan jasa penyeberangan sungai atau kerennya disebut dengan sebutan tambangan. Sebenarnya ada alternatif lain yang lebih aman, yakni dengan menyeberangi jembatan yang jaraknya ± 12 km dari tempat kami berhenti saat itu. Tapi dengan pertimbangan jarak dan waktu tempuh, Bokir memutuskan untuk malanjutkan perjalanan melaui tambangan saja. Aku, Lia, dan Sekar akhirnya sepakat, dan perjalanan yang sedikit ekstrim pun dimulai.

Ternyata ketakutan kami tidak terjadi, dengan ini kami justru merasakan serunya ekspedisi kali ini. Setelah selamat dan berhasil menyeberangi sungai, kami melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Dholo. Lumayan, kami berhasil memangkas jarak dan waktu tempuh. Mengenai rute dan informasi selengkapnya dapat diakses pada halaman Rute dan Informasi.

Tak seberapa lama rute yang kami lalui mulai menanjak, dan pemandangan pegunungan mulai nampak menghias. Setelah ± 30 menit menyusuri rute pegunungan, akhirnya kami sampai di Kawasan Wisata Besuki. Di Kawasan inilah Air Terjun Dholo terletak.

Ternyata kami harus menempuh jarak ± 4 km lagi  untuk sampai Air Terjun Dholo. Untung saja jalanan yang kami lalui sangat mulus, sehingga mudah dilalui. Akhinya kami sampai di tempat pemberhentian kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Untuk sampai di Air Terjun Dholo kami harus menyusuri tangga berkelok-kelok yang ditata apik sesuai kenampakan alami di sekitarnya. Infrastruktur yang tersedia telah berhasil menyatu dengan suasana alami yang ada. Tak mudah (membutuhkan tenaga ekstra), tapi juga tak sulit untuk menikmati keindahan ini. Dan akhirya kami sampai di air terjun yang dimaksud.

Di bawah air terjun utama, bebatuan padas yang tertata apik dan membentuk beberapa air terjun mini.

Hawa dingin segera menyapa kedatangan kami. Hawa dingin yang kami impi-impikan itu berbaur dengan suasana alami Air Terjun Dholo yang masih terjaga. Suasana hutan yang juga masih alami turut menambah kesejukan dan keasrian kawasan ini. Tak ada lagi yang perlu digambarkan mengenai air terjun ini. Top abis dah… Sungguh sayang jika tidak mencobanya sendiri 😀

Related Post:


Writer : Galy Hardyta

Participant : Bokir, Galy, Lia, Skar

4 Comments

  1. haia. punya blog juga rupanya. salam kenal.

  2. keren, mengingatkan saya pada Air Terjun Sedudo yang ada di Gunung Wilis, Nganjuk. Untuk trackingnya saya jadi inget pernah ‘blusak-blusuk’ hutan di Pulau Moyo, NTB untuk mencapai air terjunnya. Salam kenal ya, enjoy your trip ;=)

  3. salam kenal..
    trimakasih sudah berkunjung…
    🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *