Skip to content

Cukup Air Terjun Umbul Baros

Lagi-lagi perjalanan kami diinspirasi oleh postingposting di jejaring sosial. Setelah kemarin kami menyambangi Kedung Lilo karena penasaran dengan postingnya Mas Nung Syarif, kali ini kami mencoba menyambangi Pantai Air Terjun Umbul Baros yang pernah diposting Mas Lutfi Ramadhan. Umbul Baros adalah sebuah pantai di Blitar selatan dengan pemandangan laut bebasnya yang khas. Selain pantai, disekitar lokasi tersebut juga dapat dijumpai adanya air terjun. Hem.. sepertinya spot ini menarik :). Dan ketertarikan inilah yang mendorong kami untuk mencoba menyambangi Umbul Baros secara langsung.

Waktu telah ditentukan dan punggawa ekspedisi Umbul Baros juga sudah siap. Oke.. Umbul Baros, kami datang!!

Pantai dan air terjun Umbul Baros terletak di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Lokasi pantai dan air terjun ini memang berada satu desa dengan Pantai Peh Pulo, namun keduanya saling berjauhan satu sama lain. Secara umum rute menuju Umbul Baros sama dengan rute menuju Peh Pulo, namun saat menjumpai percabangan ke arah Peh Pulo, kami memilih percabangan yang mengarah ke lingkungan Sumber Pucung. Berikut rincian rute yang kami lalui untuk menuju Umbul Baros: Blitar – Lodoyo – arah Pantai Serang (Kecamatan Panggungrejo) – arah Pantai Peh Pulo (Desa Sumbersih) – Sumber Pucung – Umbul Baros. Untuk lebih jelasnya kami sertakan foto-foto percabangan penting yang perlu diwaspadai untuk menuju Umbul Baros.

road to umbul baros (1)Bila menemui percabangan ini, ambil yang kiri.

road to umbul baros (2)Kalo ini lurus saja.

road to umbul baros (3)Kalo ini ambil kanan.

Kalau masih bingung bisa langsung tanya warga. Asal kita sopan, warga juga akan ramah kok :).

road to umbul barosUntuk kondisi jalannya abstrak sekali, meski tak separah jalanan Ngadipuro. Hampir semuai jenis jalan kami lalui untuk menuju Umbul Baros, mulai dari aspal mulus, aspal berlobang, jalan rabat beton, jalan macadam, hingga jalan tanah. Setelah melalui semuanya akhirnya kami sampai di perhentian terakhir, yakni di atas bukit yang tidak jauh dari pantai. Dari sini kami memarkir kendaraan bermotor kemudian menuruni bukit melalui jalan setapak yang cukup curam. Setibanya di lembah, kami langsung mencari jalan setapak menuju pantai.

Samar-samar terdengar gemericik air terjun dari kejauhan, namun kami memilih untuk ke pantai terlebih dahulu. Kaki ini terus melangkah melalui jalan setapak, berharap segera bisa sampai di pantai. Dan setelah sekian menit melangkah, akhirnya langkah kami harus terhenti. Pantai memang sudah di depan mata, namun langkah ini terhalang oleh sebuah kedung yang cukup luas. Dari kondisi sekitar kedung, tampak bahwa tempat kami berpijak saat ini memanglah jalur yang tepat, bahkan di seberang kedung tampak kelanjutan jalan setapak untuk menuju pantai. Tapi menyeberangi kedung ini sungguh penuh resiko, selain kami tidak tau kedalamannya, kami juga mewaspadai adanya binatang-bintang buas disekitar kedung.

kedung umbul barosSetelah usut punya usut ternyata kondisi laut memang sedang pasang, sehingga kedung terpenuhi oleh air dari laut. Hem.. kami sungguh terpukul karena tidak mampu melanjutkan perjalanan yang tinggal selangkah lagi. Kami pun mencoba menyeberang melalui sisi yang lebih dangkal, namun hasilnya sama saja karena jalannya buntu.

Baiklah akhirnya kami putuskan untuk mencukupkan perjalanan ini di air terjun saja. Kami pun mulai mendekat dan akhirnya sampai di lokasi air terjun. Dan kesan kami adalah WOW..!!

air terjun umbul baros blitar (1)

air terjun umbul baros blitar (3)Air terjun Umbul Baros indah banget!! 🙂 Meski tak terlalu tinggi, namun bentuknya unik. Dari atas, air tampak terjun bebas di antara rerumputan hijau yang menempel pada dinding tebing. Tak lama kemudian laju air akan jatuh pada batuan kapur di bagian bawah tebing. Air yang membentur batuan tersebut ada yang terpercik dan ada pula yang mengalir menuju kolam di dasar air terjun. Sungguh indah.. J Hal ini ditambah lagi dengan vegetasi disekitar air terjun masih alami. Kami rasa cukup lah keindahan air terjun ini untuk melipur kekecewaan perjalanan ini. Setidaknya kami telah mencicipi salah satu daya tarik dari Umbul Baros.

travellers in air terjun umbul baros blitarOkelah untuk Pantai Umbul Baros! Lain kali kita selesaikan urusan kita! 🙂

pantai umbul baros blitar

Related post:


Writer : Galy Hardyta

Participant : Galy, Mei, Lia, Nyop

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *