Skip to content

Blitar Djadoel

Blitar Djadoel atau kadang disebut juga dengan Blitar Djaman Doeloe merupakan sebuah event budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kota Blitar untuk memperingati hari jadi Kota Blitar. Event Blitar Djadoel mulai diselenggarakan pada tahun 2011 bertepatan dengan peringatan hari jadi Kota Blitar yang ke 105. Awalnya event  ini diselanggarakan di sepanjang Jalan Merdeka, mulai dari depan Kantor Walikota Blitar hingga perempatan Toko Ijo, namun sejak tahun 2015 lokasinya dipusatkan di aloon-aloon kota.

Wujud dari event ini dalah bazar dengan konsep Blitar Djadoel (Djaman Doeloe). Segala pernak-pernik bazar hingga pakaian peserta bazar, semuanya bertemakan Djadoel. Jajanan, aneka permaian, serta pertunjukan-pertunjukan seni yang ditampilkan pun bertemakan Djadoel.

Waktu penyelenggaraan event ini biasanya tidak jauh dari tanggal 1 April yang merupakan hari jadi Kota Blitar sesuai dengan penetapkan Blitar sebagai Gemeente Blitar pada 1 April 1906 berdasarkan peraturan Staatsblad van Nederlandche Indie 150/1906 oleh pemerintahan Hindia Belanda. So… bagi para travelers yang ingin berwisata ke Blitar dengan cita rasa masa lampau, bisa atur jadwal traveling ke Kota Blitar setiap awal Bulan April.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *