Skip to content

Bendungan Wlingi Raya, Taman Wisata Waduk Wlingi

Wlingi Raya adalah salah satu dari sekian bendungan di Blitar yang memiliki banyak nama alias. Selain dikenal sebagai Waduk Wlingi, bendungan ini dikenal pula dengan nama-nama lokal seperti Waduk Tumpang dan Waduk Jegu karena letaknya yang berada di perbatasan Desa Tumpang, Kec. Talun dengan Desa Jegu, Kec. Sutojayan.

Bendungan Wlingi Raya selesai dibangun pada tahun 1977. Fungsi utamanya adalah sebagai penyedia air irigasi daerah Lodoyo dan Tulungagung seluas 13.600 ha, pengatur debit air (afterbay) PLTA Karangkates, dan pembangkit listrik tenaga air. Di luar fungsi utamanya, bendungan ini juga dikembangkan menjadi destinasi wisata dengan tajuk Taman Wisata Waduk Wlingi.

Taman Wisata Waduk Wlingi berada di utara instalasi bendungan. Taman Wisata Waduk Wlingi berada dibawah pengelolaan Perum Jasatirta. Taman ini didesain sedemikian rupa sehingga memiliki pandangan yang luas ke arah waduk dan bendungan. Di tepi waduk terjajar sejumlah gazebo yang dapat digunakan para traveler untuk bersantai sembari menikmati keelokan waduk yang menenangkan.

Kebersihan dan kerapian taman wisata perlu ditingkatkan.

Bagi para traveler yang ingin menyambangi keelokan Bendungan Wlingi Raya tak perlu risau. Rute menuju lokasi bendungan ini cukup simple. Secara umum rute menuju Bendungan Wlingi Raya dari Kota Blitar adalah sebagai berikut: Blitar – Garum – Perempatan Kendalrejo belok ke kanan – Ikuti jalan hingga tiba di lokasi.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *