Skip to content

Omah Iwak Badher Bang, Blitar

Omah Iwak Badher Bang merupakan salah satu kawasan konservasi ikan air tawar yang berada di aliran Sungai Brantas, Dusun Tawangrejo, Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar. Selain sebagai kawasan konservasi, tempat ini juga dijadikan sebagai tujuan wisata. Kawasan ini dikelola oleh Pokmaswas Fajar Bengawan, Desa Tawangrejo. Nama Badher Bang sendiri sebenarnya diambil dari jenis ikan yang dikonservasikan di tempat ini, yaitu ikan Bader Merah atau Bader Abang.

Untuk sampai di Kawasan Konservasi ini, travelers sekalian cukup mengikuti jalur Blitar – Malang. Dari pertigaan Brongkos belok kanan arah Jolosutro. Setelah melewati jembatan Ngembul akan dijumpai perempatan pasar Ngembul. Dari sini selanjutnya belok kiri menuju Desa Tawangrejo. Ikuti jalan hingga keluar Desa Tawangrejo. Selanjutnya di Desa Umbuldamar kalian akan menjumpai papan petunjuk menuju lokasi Badher Bang yang searah SD Negeri Tawangrejo. Belok kiri dan ikuti jalan hingga tiba di “Omah Iwak Badher Bang”. Jangan segan untuk bertanya pada warga sekitar apabila ragu dengan rutenya. Kondisi jalan menuju lokasi tergolong mudah dan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tidak ada tarif khusus untuk masuk Omah Iwak Badher Bang kecuali biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000,- per motor. Meski murah meriah, namun fasilitas di sini cukup memadai. Tersedia sejumlah rakit bambu yang bisa dinaiki travelers sekalian apabila ingin memberi makan ikan. Untuk pakan ikan, kalian bisa membelinya di pengelola dengan harga Rp. 2.000,- per bungkusnya. Selain rakit bambu pengelola juga menyewakan sejumlah perahu motor dengan kapasitas 8 dan 10 orang untuk menyusuri Sungai Brantas. Biaya sewanya sebesar Rp. 50.000,- untuk tiap perahu motor. Biaya tersebut sudah termasuk guide dan pelampung untuk setiap penumpangnya. Di pinggir sungai terdapat sejumlah bangku kayu yang bisa dipakai untuk bersantai lengkap dengan kedai kedai penjual makanan ringan dan toilet.

Bagi kalian yang penasaran dengan tempat wisata ini silahkan datang langsung ke Tawangrejo. Di sini seru lho. Selain belajar konservasi kalian juga akan menjumpai spot-spot menarik untuk berswafoto. 😀


Writer : Pita

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *