Skip to content

Arca Selokajang, Tanda Sejarah Di Desa Selokajang Blitar

Desa Selokajang secara administratif masuk dalam wilayah Kec. Srengat, Kab. Blitar. Letaknya berada di pinggir utara Sungai Brantas yang merupakan jalur transportasi kuno di masa silam. Apa mungkin karena berada di dekat Sungai Brantas, di desa ini jadi ada arcanya? Yup, memang di Desa Selokajang ini terdapat sejumlah benda cagar budaya yang lazim di sebut Arca Selokajang atau Situs Selokajang.

Kala

Dwarapala

Batu Berukir

Saat ini sejumlah benda cagar budaya Selokajang disimpan di halaman rumah salah seorang warga. Menurut penuturan si empunya rumah, dahulu benda-benda ini berasal dari sawah di Selokajang. Sumber lain memang menyebutkan bahwa masih ada benda-benda cagar budaya yang terpendam di sekitar Selokajang.

Dear Pembaca

Maafkan kami yang dulu

Kondisi tahun 2010

Kondisi tahun 2017

Arca Selokajang terdiri dari sebuah arca dwarapala, kala, dan batu berukir. Arca Dwarapala merupakan arca penjaga yang digambahkan dengan posisi jongkok memegang gada. Fungis arca ini sebagai penjaga tempat suci. Kala biasanya terletak di atas ambang pintu candi atau relung-relung candi. Jadi kemungkinan dulunya di sekitar Selokajang ini ada candinya. Melihat ukuran kalanya yang lumayan besar, mungkin ukura candinya juga besar.


Writer: Galy Hardyta

Participant: Galy, Kcing

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *