Skip to content

Arca Vulgar di Halaman SDN Kademangan Blitar (Arca Kademangan)

Ada pemandangan yang unik di salah satu sudut halaman SDN Kademangan 1. Coba arahkan pandangan ke taman, maka kalian akan menjumpai dua buah arca peninggalan sejarah di sana.

Arca perempuan

Kedua arca di pelataran SDN Kademangan ini sangat unik. Masing-masing arca tersebut memperagakan pose yang sedikit vulgar dengan memegang alat genitalnya. Dari penggambaran kedua arca, kita dapat mengetahui bahwa salah satu arca menggambarkan sosok laki-laki, dan arca yang lain menggambarkan sosok wanita. Mungkin saja kedua arca ini melambangkan lingga dan yoni. Lingga menggambarkan aspek laki-laki dan Yoni menggambarkan aspek wanita.

Arca laki-laki

Keberadaan arca ini di wilayah Kademangan memang tak mengherankan, sebab letaknya cukup dekat dengan Sungai Brantas yang merupakan jalur transportasi kuno. Selain itu di selatan Kademangan, tepatnya di Desa Sumberjati terdapat Candi Simping yang merupakan tempat perabuan pendiri Majapahit. Jadi memang wajar jika di sekitar Kademangan banyak dijumpai benda cagar budaya peninggalan masa klasik.

Keberadaan kedua arca di halaman SD ini memang menarik. Selain untuk memperindah taman, keberadaanya juga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran siswa siswi agar lebih mengenal sejarah bangsanya.

Gerombolan tukang nginceng arca 😀


Writer: Galy Hardyta

Participant: Anggun, Bagus, Galy, Zid, Dodik, Erik

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *