Skip to content

Akhirnya Berlabuh ke Pantai Sine

Menyadari perdebatan ini tak akan usai, akhirnya kami memilih untuk mundur. Saat itu kami tengah berada di Perkebunan Teh Sumber Pandan, kurang lebih 1 jam perjalanan lagi untuk sampai ke Air Terjun Pandan Wangi. Maksud hati ingin memantapkan perjalanan dengan menyapa dan berbincang bersama warga setempat. Namun ditengah perbincangan, kami justru memperoleh peringatan dari mereka. “Jangan ke air terjun mas jika tidak ada yang memandu, berbahaya!!,” ujar salah seorang warga pada kami. Kami pun bingung mau nekat atau pulang. Belum sempat kami mengambil tindakan, situasi semakin tidak kondusif. Terjadi perdebatan antar warga setempat, ada yang melarang tapi ada juga yang memperbolehkan kami untuk melanjutkan perjalanan. Karena tidak mau kualat, kami memutuskan untuk mengurungkan niat ke air terjun.

Rasa kecewa jelas ada, apa lagi kami sudah menempuh perjalanan sejauh ini. Kami pun berfikir keras agar tidak pulang dengan tangan hampa. Sambil menuruni lereng Wilis kami mendiskusikan obyek apa yang paling memungkinkan untuk dituju. Akhirnya keputusan pun diambil. Pantai Sine-lah yang akan menjadi tempat berlabuh kami. Pantai Sine secara administratif terletak di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, sekitar 23.9 km dari Pusat Tulungagung.

Perjalanan pun dimulai dari 900 mdpl menuju 0 mdpl dengan jarak 53,2 km dari Nglurup hingga Kalibatur. Menyadari jarak yang ditempuh sangat jauh kami langsung melesat. Segala aral rintangan kami terjang, tak peduli macet atau apa.

Segeralah kami memasuki Kecamatan Kalidawir. Dari pertigaan Koramil Kalidawir kami berbelok ke selatan ke arah Kedungdowo. Selepas Kedungdowo, jalanan mulai menanjak karena memasuki lereng pengunungan selatan. Kami terus menyusuri jalanan gunung yang berkelok-kelok hingga menjumpai pertigaan Rejosari. Dari pertigaan ini kami berbelok ke kiri mengikuti papan penunjuk arah. Kira-kira 8 km lagi kami akan sampai di Sine. Kondisi jalanan di Rejosari sedikit rusak sehingga diperlukan  kehati-hatian agar bisa selamat sampai Sine.

pantai sine tulungagung (9)Memasuki area hutan, Pantai Sine mulai terlihat dari celah-celah pohon. Hem.. betapa indahnya. Pemandangan ini mirip dengan pemandangan Pantai Brumbun di mana perahu-perahu nelayan tampak menghiasi perairan teluk.

Akhirnya sampai  juga di Desa Kalibatur, desa di mana Pantai Sine berada. Kami pun segera mencari spot yang teduh untuk melepas lelah sambil menikmati keindahan Pantai Sine.

Sungguh tiada bandingannya menikmati suasana teluk yang tenang seperti ini. Sesekali terlihat aktivitas nelayan yang berangkat ke laut. Hal ini membuat suasana Sine semakin berkesan. Tidak salah kami memilih Sine untuk berlabuh. Karena Sine memang indah. 😀pantai sine tulungagung (1)

pantai sine tulungagung (2)

pantai sine tulungagung (3)

pantai sine tulungagung (4)

pantai sine tulungagung (5)

pantai sine tulungagung (6)


 

Writer : Galy Hardyta

Participant : Galy, Tiko

2 Comments

  1. ririn ririn

    boleh tau alamat dari pantai sine gak kalo dari arah blitar?

  2. Lewat ngunut aja ya biar gak nyasar n jalannya lumayan enak. Blitar – Rejotangan – Ngunut – Polsek Sumbergempol lurus dikit sampai perempatan – perempatan belok kiri ikuti jalan (masih jauh) sampai Pantai Sine.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *