Skip to content

Air Terjun Watu Tangis Di Bawah Air Terjun Lungur Tipis, Blitar

Air Terjun Watu Tangis Di Bawah Air Terjun Lungur Tipis, Blitar 9

Air Terjun Watu Tangis

Krisik merupakan sebuah desa yang menawarkan sejuta pesona. Selain memiliki pemandangan alam yang indah, desa ini juga memiliki suasana nyaman dan udara yang sejuk. Bisa dipastikan travelers sekalian akan betah berlama-lama di sini. Belum lama ini D’Trav menyambangi Desa Krisik untuk menjelajah dan mengulas Air Terjun Sabrang 4, Coban Gumuk dan Coban Tekik. Nah, pada postingan ini DTrav akan kembali mengulas salah satu keindahan alam di Desa Krisik. Inilah Air Terjun Watu Tangis.

Keindahan Air Terjun

Dalam perjalanan ini D’Trav ditemani masyarakat setempat untuk menuju air terjun. Hasilnya benar-benar menakjubkan. Kami dapat menyaksikan sebuah air terjun yang sangat indah.

Tinggi menjulang pada sebuah tebing raksasa. Air Terjun Watu Tangis ini begitu Indah dengan aliran airnya yang deras. Eiitss!! Tapi untuk menuju ke air terjun ini di butuh perjuangan ekstra.

Air Terjun Watu Tangis Di Bawah Air Terjun Lungur Tipis, Blitar 10

Air Terjun Watu Tangis oleh masyarakat setempat disebut pula dengan nama Ngembak.

Lokasi dan Rute

Air Terjun Watu Tangis Di Bawah Air Terjun Lungur Tipis, Blitar 11

Perjalanan menuju air terjun

Air Terjun Watu Tangis secara administratif terletak di Dusun Barurejo, Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab Blitar. Secara umum rute untuk menuju air terjun ini sama dengan rute menuju Air Terjun Sabrang 4. Berikut rutenya: Dari Kota Blitar silakan menuju Wlingi. Pertigaan RS Ngudiwaluyo Wlingi belok kiri mengikuti jalan hingga memasuki Desa Krisik.

Dari Pasar Krisik sliakan ke timur menuju Pura Agung Arga Sunya. Selanjutnya dari Pura ambil arah ke timur menuju Dusun Barurejo. Pertigaan Pos Kamling berbelok ke kiri, kemudian akan dijumpai pertigaan lagi belok ke kanan. Ikuti jalanan sampai pemukiman terakhir. Di belakang pemukiman terakhir terdapat jalan kecil yang biasa digunakan untuk lalu-lalang warga yang mencari rumput. Air Terjun Sabrang 4 tinggal berjarak 500 m dari sini. Di sebelah utara Sabrang 4 kalian akan menjumpai Grojokan Lestari/ Air Terjun Gumuk. Perjalanan menuju Watu Tangis bisa kalian mulai dari atas Grojokan Lestari. Perjalanan dilakukan dengan susur sungai.

Tips Perjalanan

Persiapkan fisik kalian karena perjalanan ini akan memakan waktu cukup lama sekitar 3 jam. Medan yang akan dilalui adalah sungai berbatu. Rencanakan perjalanan dengan matang, pantau kondisi cuaca sebelum melakukan perjalanan dan persiapkan perbekalan. Setelah 3 jam perjalanan kalian akan tiba di Air Terjun Watu Tangis. Rasa lelah setelah menempuh perjalanan panjang akan terbayar di sini.

Air Terjun Watu Tangis Di Bawah Air Terjun Lungur Tipis, Blitar 12

DTrav bersama masyarakat setempat di lokasi Air Terjun Watu Tangis

Info Menarik

Oiya di tengah perjalanan ke Watu Tangis kalian juga akan menjumpai air terjun lainnya lho. Warga setempat menyebutnya Grojokan. Karena grojokan tersebut terletak di Lingkungan Sukorejo, Dusun Barurejo, kami menyebutnya Air Terjun Sukorejo. Air terjun tersebut kami ulas di sini.

F.Y.I. Konon menurut masyarakat setempat, di atas Watu Tangis masih ada air terjun lagi yang lebih tinggi, Air Terjun Lungur Tipis namanya. Semoga next trip D’Trav bisa menyambanginya ya. Keep #shareblitar ya 😀


Writer: Hadi

Participants: Aima, Hadi, Achi, Didik, Nidu, Pak Tari

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!