Skip to content

Air Terjun Tundosewu yang Alami

Setelah sekian lama menunda penulisan artikel Air Terjun Tundosewu, akhirnya artikel ini selesai juga 😀 . Baiklah kita mulai. Air terjun Tundosewu merupakan air terjun yang berada di kaki Gunung Kawi, wilayah Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Air Terjun Tundosewu merupakan air terjun yang masih jarang dikunjungi wisatawan, maka dari itu air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang alami dan eksotis.

Perjalanan menuju Air Terjun Tundosewu dapat dikatakan penuh perjuangan (kaya’ perang aja 😛 ), soalnya rombongan dari rekan-rekan DTrav belum pernah ada yang sampai di air terjun ini sebelumnya. Kami berjalan menuju ke air terjun hanya berdasarkan arahan dan informasi dari penduduk setempat. Dari pemukiman terakhir, air terjun berjarak sekitar 5 km. Sempat timbul keinginan untuk menitipkan sepeda motor di pemukiman terakhir, tapi setelah berunding agak lama,  kami memutuskan untuk terus melanjutkan perjalanan dengan sepeda motor. Pertimbangannya karena jarak yang masih jauh dan cuaca yang panas saat itu. Akhirnya setelah sekitar 30 menit berkendara, sepeda motor kami parkirkan di semak-semak. Lumayanlah bisa mempersingkat waktu perjalanan.

road to tonggorono (2)

road to tundosewu (2)

road to tundosewu (1)Setelah sepeda motor diparkir, kami melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Perjalanan yang harus kami tempuh sekitar 2 km. Saat kami berangkat, perjalanan memakan waktu 2 jam, tapi saat pulang  hanya memakan waktu 1 jam dengan jalur yang kurang lebih sama. Kenapa bisa berbeda? (think!!!….yap benar! Diperjalanan berangkat kami berfoto2 ria dulu.hehe). Pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan sangat alami. Untuk menuju air terjun, kami harus melewati jalan setapak, masuk ke bukit, dan menyusuri sungai. Setelah melewati semua itu, akhirnya bak oasis digurun pasir, kami sampai di Air Terjun Tundosewu.

air terjun tundosewuAir Terjun Tundosewu dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Tunggorono

air terjun tundosewu blitarTundosewu merupakan komplek yang terdiri dari beberapa air terjun

air terjun tundosewu blitar (3)Air terjun ini merupakan bagian paling bawah dari komplek Tundosewu

foto barengSebuah pemandangan yang begitu eksotis dan alami. Air terjun Tundosewu ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras. Airnya lumayan dingin sama seperti air terjun pada umumnya. Di kanan kiri air terjun terdapat tebing-tebing alami yang menjulang tinggi. Selain itu, berbagai jenis pohon dan vegetasi  juga mengelilingi indahnya air terjun Tundosewu. Yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah kondisi alam disekitar air terjun yang masih alami, belum ada campur tangan manusia.

travellers in tundsewuAir terjun Tundosewu memang masih alami 😀

Writer : Pristiko Gunawan

Participant: Kcing, Tiko, Arlian, Dani, Deni, Edid, Elmi, Erwin, Mufid, dan seorang teman lainnya