Skip to content

Air Terjun Tirtosari, Coban Alami di Tlogosari Doko Blitar

air terjun tirtosari

Air Terjun Tirtosari secara administratif terletak di Dusun Tlogosari yang masuk dalam wilayah Desa Sumberurip, Doko, Kab Blitar. Masih jarang orang yang mengenal Tlogosari, karena dusun ini memang terpencil di lereng Pegunungan Kawi yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sebenarnya Coban Tirtosari di Tlogosari ini masih satu desa dengan Air Terjun Tirtowening (Tlogogentong) dan Air Terjun Tlogorejo. Akan tetapi rute Tlogosari berbeda dengan Tlogogentong dan Tlogorejo. Tlogosari terletak di Doko paling ujung barat.

Untuk menuju Air Terjun Tirtosari di Tlogosari, kalian bisa mengikuti rute Wisata Sirah kencong. Dari pertigaan Genjong ambilah arah ke kanan kemudian terus saja sampei di pemukiman terakhir. Singkatnya rute menuju Air Terjun Tirtosari adalah: Blitar – Kawedanan Wlingi -Tegalasri – Genjong – Tlogosari

Jarak air terjun dengan rumah terakhir sekitar 2 km. Tidak mudah untuk menemukan lokasi air terjun, karena banyaknya percabangan jalan di area perkebunan. Jika bingung travelers sekalian bisa bertanya warga beraktivitas di kebun, atau bisa juga mengikuti aliran sungai kecil. Aliran sungai tersebut berhulu di Air terjun Tirtosari.

Air Terjun Tirtosari, Coban Alami di Tlogosari Doko Blitar 1

Air Terjun Tirtosari, Coban Alami di Tlogosari Doko Blitar 2

Air Terjun Tirtosari memang tidak terlalu tinggi, mungkin ketinggiannya hanya sekitar 15 m. Akan tetapi panorama dan suasana di air terjun ini masih sangat alami. Cocok untuk menenangkan diri dari kepenatan sehari-hari. Jika kalian berkunjung ke sini, dimohon untuk menjaga kebersihan agar kealamiannya tetap terjaga.


Writer: Hadi

Selftraveling

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan