Skip to content

Air Terjun Sabrang 4 Blitar dan Beberapa Air Terjun Mini di Sekitarnya

air terjun sabrang papat

Air Terjun Sabrang 4.

Krisik merupakan salah satu desa di wilayah Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Desa ini berbatasan langsung dengan Kec. Ngantang, Kab. Malang yang dikenal memiliki bentang alam yang indah. Benar saja, desa yang terletak di lereng barat Gunung Kawi ini juga memiliki pemandangan indah dan berhawa sejuk. Selain itu Desa Krisik juga dikaruniai kekayaan destinasi wisata yang melimpah seperti Telaga Rambut Monte, Telaga Sumber Dandang, Arung Jeram Kali Lekso dan masih banyak lainnya.

Lokasi dan Rute

Sedikit masuk ke wilayah hutan Desa Krisik terdapat aliran air terjun. Salah satu air terjun tersebut bernama Air Terjun Sabrang 4 (Sabrang Papat). Secara administratif air terjun ini terletak di Dusun Barurejo. Untuk menuju lokasi air terjun dapat berpatokan dari Pasar Krisik.

Dari Pasar Krisik silakan ke timur menuju Pura Agung Arga Sunya. Selanjutnya dari Pura ambil arah ke timur menuju Dusun Barurejo. Pertigaan Pos Kamling berbelok ke kiri, kemudian akan dijumpai pertigaan lagi belok ke kanan. Ikuti jalanan sampai pemukiman terakhir. Di belakang pemukiman terakhir terdapat jalan kecil yang biasa digunakan untuk lalu-lalang warga yang mencari rumput. Air Terjun Sabrang 4 tinggal berjarak 500 m dari sini. Jika kalian bingung dengan penjelasan ini, kalian bisa bertanya langsung pada warga sekitar.

Keindahan Air Terjun

Air Terjun Sabrang Papat benar-benar menakjubkan. Keadaan air terjun ini masih benar-benar alami. Di sekitarnya masih banyak vegetasi bernuansa hijau yang begitu menyejukkan mata. Indah dan menenangkan. Aliran airnya langsung jatuh dari atas bak guyuran air dari langit.

air terjun sabrang 4

Air Terjun Sabrang Papat.

Air Terjun Sabrang 4 Blitar dan Beberapa Air Terjun Mini di Sekitarnya 8

Perbandingan tinggi air terjun dengan manusia.

Air Terjun Lainnya

Oiya, tadi dalam penjabaran di atas saya menyebutkan mengenai aliran air terjun. Ya karena di Desa Krisik ini tidak hanya ada satu air terjun.

Coban Gumuk

Air Terjun Sabrang 4 Blitar dan Beberapa Air Terjun Mini di Sekitarnya 9

Coban Gumuk alias Grojokan Lestari.

Sedikit ke utara dari Air Terjun Sabrang 4 terdapat air terjun yang lain. Air terjun ini tak seberapa tinggi namun deras dan indah. Namanya Grojokan/ Air Terjun Gumuk atau disebut juga Grojokan Lestari.

Coban Tekik

Air Terjun Sabrang 4 Blitar dan Beberapa Air Terjun Mini di Sekitarnya 10

Coban Tekik.

Nah, aliran air terjun mini yang satu ini sedikit jauh dari Sabrang 4 dan Coban Gumuk. Untuk air terjun bernama Coban Tekik ini rutenya dari Pura Agung Arga Sunya ke kanan. Mirip mirip Coban Gumuk, Coban Tekik tidak terlalu tinggi, namun alirannya cukup deras dan terdapat kolam alami di bawahnya.

Konon selain beberapa air terjun mini ini masih ada lagi air terjun lain yang lebih besar di dalam hutan Krisik. Benar benar luar biasa bukan? Semoga di perjalanan selanjutnya DTrav bisa menyambangi air terjun tersebut. 😀


Writer: Hadi

Participant: Hadi, Nidu

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!