Skip to content

Air Terjun Ondo Rante Blitar Pasca Erupsi Kelud

Desa Sumberasri, Kec. Nglegok, Kab. Blitar memiliki sejumlah potensi wisata seperti Gardu Kelud dan Candi Gambar Wetan. Dulu sebelum erupsi Gunung Kelud tahun 2014, Sumberasri dikenal juga dengan air terjunnya yang terletak di aliran Kali Bladak, air terjun itu bernama Air Terjun Ondo Rante. Pasca erupsi, beginilah wujud Air Terjun Ondorante.

Air terjun yang awalnya menjulang cukup tinggi kini hanya menyisakan bagian puncaknya saja. Lebih dari separuh ketinggian air terjun telah tertimbun material erupsi Gunung Kelud. Betapa dahsyatnya erupsi Kelud kala itu. Sungguh ngeri. Coba perhatikan perbandingan air terjun ini sebelum dan setelah erupsi.

travellers in ondo rante

Air Terjun Ondo Rante sebelum erupsi kelud 2014. Dokumentasi DTrav tahun 2013

travellers di ondorante

Air Terjun Ondorante pasca erupsi

Meski telah tertimbun dan tak setinggi dulu, keindahan Air Terjun Ondo Rante masih tak tergantikan. Air terjun ini juga unik dengan aliran airnya yang hangat. Ya!! Jangan heran sebab aliran airnya berasal dari buangan air kawah Gunung Kelud. Warna airnya hijau kebiruan, menandakan adanya kandungan sulfur.

kali bladak pasca erupsi kelud

Jika para traveler sekalian tertarik untuk menyambangi Air Terjun Ondorante, rutenya sebagai berikut. Blitar – Penataran – Pertigaan sebelum Gapura Kawasan Wisata Candi Penataran belok kanan – Kawasan Wisata Pacuh masih lurus – Perkebunan Candi Sewu lurus dan cari arah ke Kali Bladak. Jika kalian membawa kendaraan roda dua, kendaraan masih bisa dikendarai untuk menyusuri Kali Bladak hingga DAM terakhir. Jika bingung di Kali Bladak, jangan sungkan untuk bertanya pada pekerja penambang pasir. Jangan kuwatir Kali Bladak cukup ramai dengan penambang sehingga tak perlu bingung untuk bertanya ke mana.

DTrav sarankan agar kalian mempersiapkan diri dengan matang saat melakukan perjalanan ke Air Terjun Ondo Rante. Persiapkan kondisi fisik, pastikan kendaraan dalam keadaan prima, dan jangan lupa pantau kondisi cuaca. Jangan lakukan perjalanan saat cuaca sekitar mendung atau hujan, karena aliran lahar dingin bisa datang sewaktu waktu.

Selamat berpetualang. Keep safety traveling guys and let’s #shareblitar. 😀

air terjun ondorante pasca erupsi


Writer: Riezta Aditya H. (Kcing)

Participant: Anggun, Galy, Kcing, Nika, Rendro, Udin

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *