Skip to content

Air Terjun Kilisuci, Air Terjun dengan Track yang Panjang di Blitar

Air Terjun Kilisuci, Air Terjun dengan Track yang Panjang di Blitar 2

Air Terjun Kilisuci

Entah kenapa air terjun ini dinamakan Kilisuci. Kilisuci merupakan nama tokoh legenda dari Kediri (dikaitkan dengan tokoh Sangramawijaya Tunggadewi), dia adalah Putri Mahkota (Rakryan Mahamantri i Hino) yang menjadi petapa wanita hingga akhir hayat. Apakah air terjun ini benar-benar ada kaitannya dengan tokoh Kilisuci? Atau hanya sekedar terinspirasi saja? Mungkin teman teman ada yang tau?

Keadaan Air Terjun

Air Terjun Kilisuci, Air Terjun dengan Track yang Panjang di Blitar 3

Suasana air terjun

Air Terjun Kilisuci tingginya sekitar 10 m. Airnya berasal dari sumber asli Gunung Kelud, sehingga terasa dingin dan menyegarkan. Cocok lah jika kalian ingin mandi di tengah pendakian atau perjalanan pulang dari puncak Kelud. Wait..? 😮

Letak

Air Terjun Kilisuci, Air Terjun dengan Track yang Panjang di Blitar 4

Jalur Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo

Benar 😀 Air Terjun Kilisuci berada di sekitar jalur pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo. Air terjun ini secara administratif terletak di Desa Tulungrejo, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Untuk mencapainya tidaklah mudah, kalian harus tracking melalui jalur yang sama dengan jalur pendakian untuk menuju kawah Kelud. Jadi bisa dibayangkan betapa panjangnya track menuju air terjun ini.

Kondisi Medan

Air terjun ini terletak di bawah sebelah kanan jalur punggung naga. Saat sudah di jalur punggung naga kalian akan menemukan papan petunjuk arah bertuliskan Air Terjun Kilisuci. Dari sini kalian bisa turun kira-kira 15 menitan. Jalur turunnya sedikit ekstrim dan licin, tapi sudah diberi tali. Kalian bisa merambat turun dengan berhati-hati sambil memegangi tali tersebut.

Air Terjun Kilisuci, Air Terjun dengan Track yang Panjang di Blitar 5

Jalur turun menuju air terjun

Tips

Jika kalian tertarik untuk ke sini jangan lupa untuk mengurus administrasi dulu di basecamp Gunung Kelud Tulungrejo. Selanjutnya lakukan perjalanan dengan mengikuti aturan dan petunjuk dari petugas jalur pendakian. Tak ada salahnya juga untuk sekalian mampir ke puncak Kelud bagi yang hobi mendaki. 😀


Writer: Hadi

Participants: Hadi, Tum

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!