Skip to content

Lebih Dekat dengan Air Terjun Jurug Songo

air terjun jurug songoApa komentar kalian dengan foto di atas? Apakah itu terlihat seperti air terjun? Coba bandingkan dengan foto di bawah ini.air terjun jurug songo blitarKedua foto tersebut adalah obyek yang sama, yakni Air Terjun Jurug Songo. Kontras kan? Padahal keduanya diambil dalam waktu yang hampir bersamaan lho.. 😀 Hehehe.. Ya inilah Air Terjun Jurug Songo. Kalau dari kejauhan memang gak begitu kelihatan aliran airnya, tapi coba lebih dekat, pasti bakal basah kuyup.

Aliran air di Jurug Songo jatuh menyebar, sehingga jika dilihat dari kejauhan hanya terlihat seperti rintik-rintik air saja. Walau demikian, Jurug Songo tetap memukau. Pemandangan di sekitarnya membuat air terjun ini tampak cantik. Rona batuan kapur yang berpadu dengan lumut dan rerumputan, membuat air terjun ini memiliki kombinasi warna yang menawan. Istimewa.

Air Terjun Jurug Songo terletak di tebing gunung kapur Desa Mojorejo, Kecamatan Wates, Blitar selatan. Desa Mojorejo berada tidak jauh dari jalur utama manuju Pantai Jolosutro. Oleh karenanya, rute yang kami lalui pun kurang lebih sama dengan rute menuju Jolosutro. Untuk menuju Mojorejo kami berbelok ke arah kiri dari perempatan Binangun.

Jalan masih beraspal ketika mulai memasuki Mojorejo, tetapi semakin mendekati lokasi air terjun, yang ada tinggal jalan macadam. Kami terus berkendara sampai sedekat mungkin dengan air terjun. Ketika jalan didepan sudah tidak layak untuk dilalui, kami pun memutuskan memarkir kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki..

parkir motor ke jurug songoJalur selanjutnya adalah jalan setapak yang menanjak. Kami melangkah dengan hati-hati karena tanjakan awal sedikit terjal. Tidak lupa kami terus mengikuti pipa air yang nantinya akan berujung di sekitar air terjun. Setelah melintasi semak-semak dan rerimbunan pohon, kami pun sampai di lokasi Jurug Songo.

road to jurug songoKesan awal saat melihat Jurug Songo ya gitu deh. Tapi setelah lebih medekat, ternyata air terjun ini istimewa. 😀

travellers at jurug songo

air terjun jurug songo wates blitar

Tentunya “lebih dekat itu lebih baik”, dari pada “hanya melihat dan bespekulasi” :D.


Writer : Galy Hardyta

Participant: Bokir, Galy, Kcing, Arlian, Edid, Elmi, Erwin, Joko, Mufid

19 Comments

  1. sutikno sutikno

    Wow mantap, air terjun waktu itu dengan masarakat setempat di manfaatkan untuk suplay bak bak penampung air, kalau nggak salah pipa itu instalasi ke bak penampungan air Desa sumberarum , Desa Mojorejo Kec. Wates, Kec. Binamgun dan sekitarnya… jadi masih ada ya mas pipa pipa itu…….?.

  2. Masih ada pak 😀 bak penampung airnya juga ada di dekat air terjun. Selain di sini, apa ada air terjun lainnya di sekitar Wates??

  3. sutikno sutikno

    ada mas, di Desa Ringinrejo rute ke Pantai Jolosutro sebelah kiri jalan, dari perempatan Kelurahan Ringinrejo +-1 km, tanyakan saja ke penduduk setempat air terjun, ( penduduk setempat menyebutnya Juruk Mas )…tapi bila musim kemarau debit air kurang..

  4. makasih Pak infonya 😀 nanti coba kita sambangi pas musim penghujan

  5. wow air postingan air terjunya indah2 di blitar…q juga sneng banget wisata air terjun

  6. dari pantai jolosutro kira2 brp kilo masuknya ke air terjun mas? jalannya brp kilo dari mobil gak bs masuk?

  7. Masuk sekitar 2 – 3 km mbak. Wah gak bisa ini kalau pake mobil. macadam jalane. batu-batu.

  8. makasih jnfonya mas. kalo pake mobil, perhentian mobil ato parkirnya dimn?
    kalau jalannya dari perhentian mobil kira2 brp kilo mas? dari pantai jolosutro kira2 brp jam perjln pake mobil?

  9. perhentianya di Desa Mojorejo. jalan sekitar 700 meter. Info tambahan mbak, air terjun ini debitnya max kalau musim penghujan. Kalau kemarau kering.

  10. wah kalo lht dlm bln ini berarti gak bs lht indahnya air terjun ya mas? mngkin hny bs lht tebing? baik mas trimakasih infonya.

  11. Iya betul. Besok aja kalau udah mulai hujan. kalau bingung hubungi hot line kami aja, ntar bisa diantar 😀

  12. irfan irfan

    air terju8n ini dari jalur donomulyo itu bisa lewat mana gan
    soalnya kemaren aku cari2 kok gak ketemu yak
    kalok dari selatan perempatan binangun itu belok ke mana

  13. Dari pasa wates bisa. Pasar ke arah desa mojorejo. Sampai desa mojorejo bisa tanya warga dengan kata kunci jurug indah 😀

  14. irfan irfan

    emmm ok aku coba dulu (Y)

  15. Wah, padahal Mojorejo dulu sekolahanku, tapi baru ngeh kl ada curug indah disana setelah tinggal di Jakarta

  16. CYCLING CLUB CYCLING CLUB

    Klo bulan-bulan air’x gmn gan??
    trus kalo dri Puskesmas/Pasar Birowo sebelah mana’x?

  17. CYCLING CLUB CYCLING CLUB

    Klo bulan-bulan gini air’x gmn gan??
    trus kalo dri Puskesmas/Pasar Birowo sebelah mana’x?

  18. Kalau sering hujan mungkin lebih gede debitnya. Enaknya lewat pasar wates ke arah mojorejo, nanti dilanjut tanya warga. Kalau dari puskesmas belum pernah nyoba om

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *