Skip to content

Air Terjun Bon 8, yang Tersembunyi di Sirahkencong Blitar

Sirahkencong memang menawarkan daya tarik yang cukup kompleks. Tidak hanya keindahan alamnya, di Sirah Kencong kalian juga dapat menyaksikan salah satu bangunan bersejarah masa klasik yakni Candi Sirahkencong. Eits, apakah hanya itu? Ternyata tidak demikian. Agak tersembunyi dibalik petak petak kebun teh, ternyata masih ada lagi air terjun yang tersembunyi. Bukan Air Terjun Sirahkencong lho ya.. Tapi Air Terjun Bon 8.

Air Terjun Bon 8, yang Tersembunyi di Sirahkencong Blitar 2

Air Terjun ini disebut Bon Wolu karena berada tak jauh dari area perkebunan yang disebut Bon 8 atau Kebun 8. Petak Bon 8 ini berbatasan langsung dengan hutan belantara lereng Gunung Kawi. Bagi travelers yang hendak menyambangi air terjun ini sebaiknya mempersiapkan perbekalan yang cukup, karena kalian harus menyusuri hutan belantara dan sungai.

Untuk menuju ke Air Terjun Bon Wolu, kalian bisa melewati pintu masuk Agro Wisata Sirahkencong seperti biasa, kemudian lanjutkan perjalanan menuju parkiran motor Air Terjun Sirahkencong. Dari parkiran tersebut ambil arah ke kanan untuk naik dan mengitari bukit. Ikuti jalanan yang masih berupa makadam hingga tiba di Bon 8.

Sebaiknya kendarai kendaraan roda dua kalian hingga tiba di Bon 8. Asal tidak matic, motor masih memungkinkan untuk lewat. Tak perlu khawatir nanti di Bon 8 terdapat tanah yang cukup lapang untuk memarkir kendaraan kalian.

Perjalanan selanjutnya harus dilalui dengan berjalan kaki menuruni bukit. Ambil jalur setapak sampai masuk ke perbatasan hutan belantara. Di sini kalian akan menemukan jurang dangkal yang banyak ditumbangi pohon-pohon. Pohon-pohon tumbang ini dapat dijadikan media untuk menyeberangi jurang tersebut. Setelah berhasil menyeberang, ikuti jalur pipa besi dengan berpatokan pada pohon yang ditumbuhi tanaman anggrek hutan, lalu belok kanan menurun sampai menemukan sungai.

Kalian membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam untuk menyusuri sungai hingga tiba di Air Terjun Bon 8. Di tengah penyusuran kalian akan menjumpai batuan besar yang menghadang jalur sungai, ambil jalan setapak di sebelah kanan dan ikuti sampai berada di atas batu besar tersebut. DTrav himbau agar kalian mengenakan sandal outdoor dalam penyusuran ini, karena medan yang di lalui cukup licin.

Air Terjun Bon 8, yang Tersembunyi di Sirahkencong Blitar 3

Setelah kurang lebih 15 menit menyusuri sungai, mulai terdengar aliran air yang semakin deras. Ambil jalur setapak di sisi kanan dan dari sini air terjun mulai terlihat.

Setiba di lokasi air terjun, semua lelah perjalanan kalian akan terbayar. Air terjun ini cukup tinggi. Suasananya masih sangat alami karena berada di tengah hutan belantara. Dinding air terjun yang sedikit berbatu memberikan sensasi pemandangan yang berbeda. Kalian dapat menilai sendiri bagaimana indahnya air terjun ini.

air terjun bon 8

Air Terjun Bon 8, yang Tersembunyi di Sirahkencong Blitar 4

Berikut sedikit tips dari kami bagi kalian yang ingin menyambangi Air Terjun Bon Wolu: Hindari perjalanan pada musim hujan, karena akan sangat beresiko mengingat medan yang dilalui rawan pohon tumbang dan longsor. Saat musim penghujan, aliran sungai juga akan menjadi deras sehingga membahayakan. Pilihlah bulan-bulan yang tepat seperti awal kemarau untuk berkunjung. Kami menyarankan untuk membawa kendaraan yang prima karena jalan menuju petak Bon 8 terjal berbatu dan berkelok-kelok. Jangan lupa pula membawa trashbag untuk membawa sampah kembali turun. Demikian sedikit ulasan kami mengenai Air Terjun Bon Wolu.

Selamat berpetualang guys. Let’s #shareblitar!!


Writer: Aima

Editor: Galy Hardyta

Participant: Aima, Ardi, Hadi, Rendro, Andi, Kiki, Kukuh, Mukhlis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan